Akibat Air Laut Menguap, Salah Satu Rumah Warga di Sekop Laut Rusak

JayantaraNews.com, Lingga – Kepri

Akibat gelombang air laut menguap dengan volume esktrim tinggi, rumah warga di Sekop Laut, Jln. Perusahaan RT/RW 005/004, Kel. Dabo, Kec. Dabo Singkep, Kab. Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), rusak parah, Rabu (13/1/2021).

Informasi dari warga setempat mengatakan, “Di Sekop Laut Jalan Perusahaan RT/RW 005/004, Kel. Dabo, Kec. Dabo Singkep, ada rumah warga yang rusak parah, dikarenakan gelombang air laut menguap kuat. Dapur sama WC rubuh, karena tanah/pasirnya habis ditarik dibawa arus air laut. Memang beberapa hari ini gelombang air laut kuat, bahkan warga nelayan pun tidak berani turun ke laut,” ungkapnya.

Khairul Ali, salah satu warga terdampak membenarkan, bahwa rumahnya rusak karena dihantam gelombang air laut. “Betul Pak, rumah saya yang rusak akibat air laut menguap gelombang kuat, hingga tanah pasir ditariknya. Bahkan fondasi rumah saya pun habis di bagian dapur. Air laut bisa masuk karena pembangunan Dam penahan gelombang tersebut diputus sampai di situ saja. Itulah jadinya, kalau air laut menguap tinggi, air pun masuk mengais pasir fondasi rumah saya,” ujar Khairul.

Hingga berita ini ditayangkan, awak media belum bisa menghubungi pihak-pihak terkait. (mhmd)