Kunjungi Mabes, BPI KPNPA RI Diapresiasi Irwasum POLRI

JayantaraNews.com, Jakarta

Ketua Umum Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara & Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) Tb Rahmad Sukendar, S.Sos., SH., didampingi Sekjen Roslan Sianipar, S.Pd., SH., dan Direktur Komintel Misradi, SH., MH., diterima Wakil Irwasum Irjen Pol Drs. Agung Wicaksono mewakili Irwasum Polri beserta Pejabat Utama di ruang kerja Wakil Irwasum Polri.

Dalam kesempatan silaturahmi pada Kamis, 14 Januari 2021 itu, dari Wakil Irwasum Polri menyampaikan permohonan maaf karena Irwasum Polri berhalangan hadir. “Dikarenakan di saat yang sama, mendadak harus mendampingi Kapolri Rapat dengan Kemenkopolhukam,” katanya.

Dalam pertemuan silaturahmi tersebut, terjadi diskusi ringan antara Wakil Irwasum, Ketua Umum BPI KPNPA RI dan Pejabat Utama lainnya yang mendampingi, yakni Brigjen Pol Drs. Hotman Simatupang selaku Irwil V Irwasum Polri dan Brigjen Pol Drs. I Ketut Suardiana, M.Si., selaku Karo Renmin Irwasum Polri.

Dalam dialog tersebut, pihak Polri mempertanyakan keberadaan BPI KPNPA RI dan kinerja selama ini, serta legalitasnya dan kenapa banyak Pembina maupun Penasehat dari Perwira Tinggi Aktif baik di Kepolisian, Kejaksaan, Kehakiman dan BPKP?

Disampaikan langsung oleh Tb Rahmad Sukendar, bahwa BPI KPNPA RI berdiri sejak tahun 2008, dan sudah melakukan kemitraan dengan Kepolisian RI serta institusi penegak hukum lainnya yang sudah berlangsung sejak tahun 2008. “Dan untuk di Kepolisian, dimulai dari masa kepemimpinan Irwasum dijabat Komjen Pol Drs. Dwi Priyatno s.d. kepada Komjen Pol Drs. Mochgiarto. Disamping itu juga, BPI KPNPA RI menjalin kemitraan di Baintelkam Polri semasa Kabaintelkam dijabat Komjen Pol Drs. Pratiknyo s.d. di masa Komjen Pol Drs. Luthfi Lubihanto,” jelasnya.

Selain itu, Rahmad Sukendar menjelaskan, “Kami juga menjalin Kemitraan dengan Div Humas Polri di masa jabatan Kadiv Humas Irjen Pol Drs. Setyo Wasisto s.d. Kadiv Humas dijabat Irjen Pol M. Iqbal. Walaupun Tupoksi dari BPI KPNPA RI adalah Bergerak dalam Pencegahan Tindak Pidana Korupsi, namun peran serta BPI KPNPA RI selaku Mitra Strategis Polri juga membantu Satgas Nusantara Polri dalam hal pembinaaan dan koordinasi menangkal paham Radikalisme dan Terorisme, serta Intoleransi  bersama Kasatgas Nusantara semasa dijabat Irjen Pol Drs. Gatot Edi Pramono dan Kasubgas Satgas Nusantara Kombes Pol Drs. Erwin Chahara Rusmana, SH., MH., dengan tujuan untuk membangun  Kebhinnekaan, kedamaian dengan lintas agama serta mengadakan istiqotsah dan zikir akbar di setiap daerah melalui wadah Forum Ulama dan Ustadz yang bernaung di BPI KPNPA RI juga Forum Lintas Agama. Kami senantiasa melakukan kegiatan Cipta Kondisi Kamtibmas dengan melakukan road show ke tiap daerah dan bertemu langsung dengan semua komponen masyarakat untuk secara bersama-sama jihad menolak paham Radikalisme, Terorisme dan Intoleransi,” tandasnya.

Dikatakan Rahmad Sukendar, disamping itu, dari BPI KPNPA RI senantiasa mengadakan kegiatan Kursus Singkat terkait Tipikor dan Saber Pungli yang melibatkan unsur dari Itwasum Polri, Kejaksaan, KPK, BPKP dan Kemendagri. “Semuanya  melibatkan masyarakat dan komponen pemerintah daerah. Dan dampaknya mendapatkan apresiasi positif dari berbagai pihak, mulai dari instansi pemerintah sampai dengan komponen masyarakat lainnya,” paparnya.

BPI KPNPA RI juga intens mengadakan kegiatan lainnya, di antaranya dalam aksi bhakti  sosial kemasyarakatan yang berperan aktif memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang terkena dampak bencana alam, seperti banjir dan gempa bumi serta tanah longsor, yakni dengan pemberian sembako dan obat-obatan. Dan di masa pandemi Covid-19 ini, kami telah membagikan ribuan masker kepada warga masyarakat untuk menghindari terkena virus  corona. “Jadi sudah banyak prestasi dari BPI KPNPA RI selaku Mitra Strategis Polri dalam membantu Polri  memberikan edukasi (pemahaman) terkait Penegakkan Hukum di provinsi dan kabupaten/kota kepada warga masyarakat, serta telah menorehkan prestasi lainnya dengan memberikan penghargaan kepada Instansi Pemerintah dan Penyelenggara Negara yang terpilih untuk mendapatkan Award BPI KPNPA RI.”

Setiap tahun, masih kata Rahmad Sukendar, sejak awal tahun 2015 s.d. 2019, kami telah memberikan penghargaan Award BPI KPNPA RI kepada Jajaran Kepolisian, Kejaksaan, Kehakiman, dan Penyelenggara Negara lainnya yang dinilai layak dan pantas mendapatkan Award BPI KPNPA RI dalam hal Kepuasan Publik untuk pelayanan yang bersih dari Korupsi dan Pungutan Liar. “Atas dasar itu, semua kegiatan bertujuan untuk mengawal pembangunan dari bahaya korupsi dan kerugian keuangan negara. Hingga bergabunglah para Perwira Tinggi yang ikut aktif dari berbagai Institusi Pemerintah dan duduk dalam struktur kepengurusan sebagai Pembina dan Penasehat di BPI KPNPA RI,” urainya.

Dalam kesempatan tersebut, dari Wakil Irwasum Polri sangat bangga dan apresiasi kepada BPI KPNPA RI atas pencapaian prestasi selama ini, dan akan meneruskan hasil dari pertemuan kepada Irwasum dan Kapolri untuk ditindak lanjut.

Pesan khusus dari Wakil Irwasum kepada BPI KPNPA RI, “Teruskan dan lanjutkan  kegiatan yang positif dalam membantu kinerja Polri terkait Penegakkan Hukum untuk disampaikan kepada warga  masyarakat, dan seterusnya tetap menjalin kerja sama kemitraan dengan Kepolisian sampai ke tingkat Polres di kabupaten dan kota,” pungkasnya.

Selanjutnya, kegiatan kunjungan silaturahim itu ditutup dengan foto bersama. (red)