Diduga Ada Pengkondisian Oknum TKSK, Program BPNT Ciamis Jadi Sorotan

JayantaraNews.com, Ciamis

Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di wilayah Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang diperuntukkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), diduga adanya pengkondisian perusahaan/supplier oleh oknum Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Dugaan tersebut terlihat dari pengakuan salah satu Ketua BUMDes saat diwawancarai JayantaraNews.com, dirinya ingin ikut andil dalam menyediakan item barang untuk BPNT di wilayah desanya, namun selalu ditolak oleh pihak dari BUMDes bersama (Bumdesma) Kecamatan Pamarican.

“Saya menyuruh sekretaris mendatangi BUMDes Bersama untuk meminta pengadaan dalam menyediakan komoditi BPNT, tapi tidak dikasih, karena sudah dikondisikan,” ungkap Ketua BUMDes yang tidak mau disebutkan namanya, Sabtu (23/01/21).

Selain itu, lanjut Ketua BUMDes, telur yang pecah jarang ada penggantian. “Adapun penggantian harus menunggu lama, karena datangnya telat. Maka demi untuk pemenuhan kemasyarakatan agar tidak mengecewakan, kami yang nombok untuk mengganti,” tuturnya.

Sementara di tempat terpisah, saat JayantaraNews.com konfirmasi pada pihak BUMDes Bersama, Jamaludin selaku bendahara mengakui, bahwa pengadaan komoditi untuk BPNT (Purchasing Order) pesanannya dari TKSK. “Kecuali beras, komoditi lainnya dari BUMDes Bersama. Jeruk 1 Kg, Kentang 8 Ons, Kacang Ijo 1/2 Kg, Telur 1 Kg, Beras 10 Kg,” terangnya.

Hingga berita ini ditayangkan, JayantaraNews.com belum menerima jawaban dari pihak TKSK Kecamatan Pamarican, dikarenakan susah untuk dihubungi. (Nana JN)