Bupati Bandung: Situ Pangkalan Ibun Siap Dibangun & Dijadikan Destinasi Wisata

JayantaraNews.com, Kab. Bandung

Situ Pangkalan yang telah lama hilang dari pergunjingan, kini akan dibangun kembali oleh Bupati Bandung Dadang M. Nasser, dengan harapan dapat menjadikan situ yang multi guna.

Pembangunan Situ Pangkalan yang akan menyerap anggaran sekitar Rp27 miliyar dan telah dianggarkan dalam APBD itu, akan disegerakan dalam pelaksanaannya.

Situ Pangkalan yang akan dibangun di Desa Laksana, Kecamatan Ibun, dengan luas 15 hektar itu, selain dimanfaatkan sebagai penampungan air, juga akan dijadikan salah satu destinasi wisata Kamojang yang diharapkan dapat meningkatkan roda ekonomi masyarakat sekitar.

Diungkapkan Bupati Bandung Dadang M. Nasser dalam kunjungan kerjanya, Selasa (2/2) mengatakan, “Pengembalian Situ Pangkalan yang telah lama hilang dan kini akan segera dibangun, diharapkan dapat menjadi salah satu objek wisata yang diminati oleh wisatawan. Selain itu, inti dari pembangunan situ itu adalah untuk penampungan air di kala musim kemarau, sehingga petani bisa memanfaatkannya, dan di musim hujan bisa mengurangi debit air yang masuk ke Sungai Citarum,” ungkapnya.

“Untuk itu, saya mempercayakan kepada PUTR untuk sesegera mungkin membangun Situ Pangkalan ini, agar banjir bisa terkendali dan destinasi wisata segera terwujud. Mudah-mudahan dalam kunjungan kerja saya yang terakhir kalinya ini, Situ Pangkalan bisa terwujud dengan baik, karena dengan anggaran yang telah disediakan ini mudah-mudahan dapat terwujud,” tandas Bupati Bandung. (Asep S)