Sukseskan Program Vaksinasi, Satgas Covid-19 Rakor Pendistribusian Vaksin di Kab. Sumbawa Barat

JayantaraNews.com, Sumbawa Barat

Pada hari Minggu tanggal 07 Februari 2021 pukul 10.00 Wita, bertempat di Rumdis Dandim 1628/SB Jln. Labuan Balad Lingk. Serangin, Kel. Bugis, Kec. Taliwang, telah berlangsung kegiatan pembahasan terkait Penanganan dan Pencegahan Covid-19, serta Pendistribusian Vaksin di Kab. Sumbawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Sunardi, ST., M.IP., menyampaikan, untuk mendukung kelancaran semua proses program vaksinasi, mulai dari pengawalan saat distibusi, saat sosialisasi, sampai saat pelaksanaan vaksinasi, menjadi tugas dan tanggung jawab semua stakeholder Satgas Covid-19, baik dari Kodim 1628/SB, Polres beserta Sat Pol PP Kabupaten Sumbawa Barat, BPBD, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat, ungkap Dandim.

Selain itu, Dandim juga menyampaikan, untuk Posko  Covid-19 di desa-desa yang  bertujuan untuk memberi edukasi kepada masyarakat 3M dan 3T serta sosialisasi tentang Vaksin Covid, agar terus bersinergi jangan kenal kata menyerah. Terus berikan keyakinan kepada masyarakat agar meningkat kesadaran mandiri, sehingga akan lebih mudah dalam upaya percepatan penanganan cegah dan putus mata rantai Covid -19, pungkas Dandim.

Sedangkan penyampaian perwakilan dari BPBD Plt Kabid Darlog Yuliana, St M.Eng., terkait dengan paradigma di tengah masyarakat adanya ketakutan yang dialami oleh masyarakat, sehingga untuk proses vaksinasi
perlunya pendekatan persuasif melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, sehingga memberi pemahaman kepada masyarakat agar tidak ada lagi kekhawatiran di tengah masyarakat untuk digelar giat vaksinasi.

Sementara, Kadis Kesehatan H. Tuwuh, S.A.P., menyampaikan, bahwa masih ada sebagian
masyarakat yang berasumsi negatif karena tidak mengetahui manfaat vaksinasi. Untuk tahap pertama, tujuan vaksinasi  setelah Forkopimda adalah untuk tenaga kesehatan yang berada di Puskesmas, mengingat para medis dibutuhkan kesiapan dalam memberikan bantuan penanganan pasien kasus Covid serta mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19.

Selain itu, prioritas vaksinasi juga akan diberikan kepada ASN, TNI, Polri dan masyarakat, terkait dengan proses Rapid Anti Gen, dilakukan melihat dari kriteria masyarakat yang terindikasi atau tidaknya setelah tracing secara skala prioritas, sehingga lebih efektif dan efisien serta tepat sasaran, ungkap Kadis.

Dijelaskan Kadis, untuk jadwal distribusi vaksin, hari Senin akan dibagi menjadi 1 tim dari pihak Diskes untuk pendistribusian Vaksin Covid-19 ke Puskesmas Jereweh, Maluk, Sekongkang dan Tongo. Rencana pendistribusian di Rumah Sakit Asy-Syifa akan dilakukan sore sekitar pukul 14.30 Wita. Untuk hari Selasa akan dibagi menjadi 2 tim dari Diskes untuk pendistribusian Vaksin Covid-19 ke Puskesmas Taliwang, Brang Ene, Brang Rea, Seteluk dan Poto Tano.

Dalam melakukan pengepakkan vaksin saat berada di Puskesmas, diperlukan suhu yang stabil antara 8 celcius. Untuk menjaga kualitas vaksin yang akan diberikan, pihak Kesehatan menyediakan 2 Unit R4 dalam melakukan pendistribusian vaksin di masing-masing wilayah di Kab. Sumbawa Barat.

Diketahui jumlah masker yang telah beredar di masyarakat hampir semua masyarakat telah memiliki masker, namun penerapan sehari-harinya masih banyak masyarakat yang menyimpan maskernya di dalam kantung sehingga penularan di tengah masyarakat masih gampang terjadi.

Mengingat resiko penularan Covid-19 tidak ada batasan dalam penularannya, dikarenakan Covid penyebarannya melalui proses kontak fisik antara masing-masing individu dengan individu lain di tengah masyarakat, jelas Kadis.

Hadir pada kegiatan rakor tersebut; Dandim 1628/SB, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah diwakili oleh Plt Kabid Darlog Yuliana, St M. Eng, Kepala Dinas Kesehatan H. Tuwuh, S.AP, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Drs. H. Hamsah, Danramil 1628-01/Taliwang Kapten Inf Nyoman Suarka Paurmin Bag Ops Polres Sumbawa Barat IPTU Soesant, Pasiops Kodim 1628 sumbawa barat Lettu Inf Afifudin. (Zi JN)