Muscab ke-IV GAPEKSINDO Kota Depok: Sistem One Man One Vote atau Aklamasi

JayantaraNews.com, Depok

Asosiasi kontraktor, DPC GAPEKSINDO Kota Depok siap menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke-IV, bertempat di Gedung Sasono Kalimulya, Cilodong, Kamis (25/2/2021).

Menurut Sofyan R. Panggabean, selaku ketua panitia pelaksana (organitation committe) mengatakan, bahwa DPC Gapeksindo Kota Depok siap melaksanakan Muscab ke-IV, katanya kepada awak media di kantornya, Jalan Merdeka Ujung Depok II Tengah, Senin (22/2/2021).

Perhelatan Muscab nanti, tentunya akan membawa nuansa baru di dalam organisasi, hari ini kita rapat pemantapan terakhir.  “Ya kita berharap, di acara tanggal 25 Februari, musyawarah ini berjalan dengan baik, sukses dan disupport oleh Pemerintah Kota Depok, dan bisa hadir untuk membuka acara acara Muscab, ujar Sofyan.

Dijelaskannya, bahwa agenda Muscab ini bertujuan untuk mencari ketua yang akan menakhodai organisasi. “Nantinya akan ada ketua baru terpilih yang akan bisa bekerja secara optimal dalam rangka mendukung proses kegiatan pembangunan di Kota Depok.

Acara Muscab ke-IV ini akan dilakukan secara protokol kesehatan, undangan untuk Muspida telah disiapkan juga semua alat pendukung.

Dijelaskan Sofyan, acara Muscab nanti, ada beberapa tahap yang telah diatur acaranya, seperti pembukaan yang akan dihadiri oleh Muspida dan Pengurus DPD Gapeksindo Jawa Barat. “Nanti, di saat acara, dan setelah undangan Muspida telah pulang, acara selanjutnya akan pleno dalam bentuk tata tertib pemilihan ketua.”

Lebih lanjut Sofyan katakan, jika calon ketuanya cuman satu orang, itu akan cepat selesai acara Muscabnya. Namun apabila calon lebih dari satu, panitia juga sudah antisipasi jedah waktunya. Bila hal itu terjadi, tentunya akan dilakukan dengan waktu sesingkat-singkatnya, kemudian setelah terpilih ketua hasil Muscab, kita akan membuat tim formatur untuk menyusun kepengurusan, ucapnya.

“Soal calon ketua, sudah ada beberapa calon. Mudah-mudahan bisa nambah,  sudah ada biodata calon yang diterima oleh panitia pelaksana. Kita berharap ada calon baru yang mendaftar dan siap diverifikasi, dan kita tidak melakukan penjaringan dan penyaringan calon, namun persyaratan calon ketua atau anggota wajib yang memiliki KTA serta aktif selama tiga tahun, sesuai AD/ART organisasi,” sambungnya.

Acara Muscab ke-IV ini digelar upaya mencari calon ketua yang peduli terhadap asosiasi Gapeksindo. “Ya kita berharap, dia memang bisa mencalonkan dan bisa dicalonkan,” jelasnya.

Sofyan juga menerangkan,  bahwa tidak semua asosiasi itu mendapatkan sertifikasi akreditasi yang diperoleh dari Kementerian PUPR Pusat, dimana di tahun 2020 telah diakui olehnya. “Soalnya, secara administrasi maupun secara teknis tidak memenuhi syarat, dan tidak semua asosiasi yang ada berbentuk LPJK yang bisa mendapatkan akreditasi, seharusnya dinas-dinas terkait harus bisa melihat hal itu,” ungkap Sofyan.

Anggota yang masuk asosiasi Gapeksindo Kota Depok, terkait asosiasi yang tidak terakreditasi di LPJK, sehingga kita ini punya apa, ya tentu punya kemampuan khusus yang lebih dari pada asosiasi lain. “Sehingga harusnya dinas terkait juga melihat ke situ. Jadi jangan asal main kasih saja kegiatan proyek, namun kembali lagi ke pokok persoalan, ya semuanya itu memang dari pengalaman dan hasil kerja yang sebelumnya, kendati rekanan di asosiasi itu juga sudah pernah mengalami pekerjaan proyek,” sebutnya.

Sementara itu, Solihin Sobirin anggota pimpinan sidang (stering committe) menyampaikan, Muscab ke-IV Gapeksindo Kota Depok Ini memang agak berat bebannya. Namun kepemimpinan  Gapeksindo Kota Depok terpilih harus sejalan dengan kondisi yang ada. Karena, semenjak dikeluarkan beberapa daftar nama asosiasi barang dan jasa kontruksi yang terakreditasi di LPJK, banyak mendaftar ke Gapeksindo.

Untuk itu, kata Solihin, Muscab ini mencari pemimpin yang menguasai medannya, khusus di Kota Depok. Sehingga bisa  memimpin dengan baik, juga tentang ke-administrasian maupun organisasi.

“Saya rasa anggota Gapeksindo Kota Depok yang kini beranggotakan sekitar 130 kontraktor tentu akan lebih maju dan berkembang,” ujarnya.

Pertanyaannya, kenapa  Gapeksindo banyak anggotanya dan banyak yang mendaftarkan  sebagai anggota Gapeksindo. “Ini karena kita sudah terakreditasi di LPJK, dan diakui Kementerian PUPR Pusat,” tandasnya.

Jadi semakin mudah untuk mendaftar menjadi anggota Gapeksindo Kota Depok. Kalau terjadi lebih dari dua kandidat, berarti proses pemilihan calon ketua akan dilakukan satu orang, satu suara (one man one vote), atau satu perusahaan diwakili satu dari perusahaan yang pasti direktur utama atau yang diwakili yang punya suara. Tapi kalau  cuma satu pendaftar saja sebagai kandidat, maka kita akan aklamasikan langsung, tidak ada voting lagi, langsung ditetapkan oleh SC berdasarkan masukan dari DPD Gapeksindo Jawa  Barat, katanya.

Senada dengan Indra JP Napitupulu, selaku Sekretaris DPC Gapeksindo Kota Depok, Muscab ke-IV Gapeksindo Kota Depok yang akan dihelat,  tentunya akan mendapatkan kepercayaan dari seluruh rekan asosiasi dan pemerintah.

Dengan demikian, DPC Gapeksindo Kota Depok akan selalu memberikan yang terbaik untuk pembangunan, baik secara skala nasional, regional, khususnya di Kota Depok.

Adapun Panitia Muscab ke-IV Gapeksindo Kota Depok, di antaranya;

Ketua OC : Sofyan R. Panggabean
Sekretrais : Rochman

Ketua SC : Hamza Syah
Anggota :
1. Solihin Sobirin
2. Hilal Basyarahil
3. Jonathan Dethan
4. Indra JP Napitupulu (Yuni)