Kapolda Metro Jaya: BPI KPNPA RI Adalah Mitra Kerja KemenkoPolhukam & POLRI

JayantaraNews.com, Jakarta

Rapat Kerja Wilayah Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) telah selesai dilaksanakan di Aston City Kemayoran, Rabu (3/3/21).

Acara Seminar sekaligus Raker Wilayah yang dihadiri oleh; Kapolda Metro Jaya, Kajati DKI, Kapolres Sergai, Kapolres Batu Bara, Kapolda Aceh, Dewan Pengawas BPI Irjen Pol Purn Dr. H. Bambang Usadi, MH., MM., Alisha Fianne J. Sanger, SE., selaku Executive Bord UKM meMiles, berlangsung lancar, sukses dan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Pada Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) tersebut, juga diisi dengan Seminar Nasional dengan tema: “Dasar Hukum Tipikor, Membangun Potensi UMKM Lewat Teknologi Digital”.

Ketua Umum BPI KPNPA RI, Tubagus Rahmad Sukendar, S.Sos., SH., dalam pengantar seminar menyampaikan, giat hari ini dihadiri oleh 135 peserta dari 20 provinsi, di antaranya dari Aceh, Sumut, Sumsel, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi, Kalimantan, Bali dan Papua.

“Alhamdulillah, setelah satu tahun tertunda, Rapat Kerja Wilayah tahunan BPI KPNPA RI dapat terlaksana. Terima kasih kepada Kapolda Metro Jaya yang menghadiri diwakilkan Irwasda Kombes Pol Imam Syahputra. Karena tadi pagi saya komunikasi dengan Kajati DKI, yang bertepatan hari ini juga beliau berhalangan karena ada pelantikan beberapa Kajari serta  pejabat di Kejaksaan Tinggi DKI, dan telah mewakilkan kepada Nurvita, SH., MH., selaku Assintel Kejati DKI,” ucapnya.

“BPI telah banyak melaporkan dan mengungkap kasus-kasus besar korupsi, dan hasilnya telah ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan Agung dan Bareskrim Polri.”

Untuk itu, BPI di seluruh wilayah wajib berperan aktif memberikan penyuluhan dalam upaya pencegahan Tindak Pidana Korupsi, sekaligus mengingatkan akan bahaya korupsi kepada para pejabat negara, pejabat daerah (SKPD) untuk tidak bermain-main dan berani melakukan korupsi, tegas Rahmad Sukendar.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr. Drs. H. Muhammad Fadil Imran, M.Si., dalam sambutan yang diwakilkan oleh Kombes Pol H. Imam Syahputra, M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih dan menyatakan kemitraan kepada BPI KPNPA RI dalam Pemberantasan Korupsi, Pungli dan Mafia Tanah.

“Yang kami cintai segenap jajaran Pengurus BPI KPNPA RI mulai dari pusat hingga wilayah, yang kami hormati juga Bapak Kajati dan senior-senior yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Tadi pun senior saya Irjen Pol Erwin Charara yang bertugas di KemenPolhukam telepon saya, bahwa itu BPI Mitra kerja kami, saya jawab, siap!” ucapnya penuh canda.

“Adanya BPI KPNPA RI perlu disosialisasikan ke Polda dan Polres, karena BPI ini adalah Mitra Kerja Kepolisian juga, dan dapat menjadi kekuatan baru yang dapat bersinergi dengan aparat penegak hukum (APH). BPI ini bisa diusulkan juga masuk di dalam APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah), seperti apa yang saya dengar ketika Rakor bersama para inspektorat, dimana pesan Ketua KPK Pak Firly akan pentingnya peranan APIP terhadap pengawasan berjalannya pemerintahan. Hingga saya pikir, ini BPI bisa dicoba untuk diusulkan menjadi bagian dari itu,” ucapnya.

Selain pembagian penghargaan kepada Kapolda Metro Jaya, Kajati DKI, Kakan Bea Cukai Kualanamu, Kapolres Sergai, Kapolres Batu Bara, Kapolda Aceh, Gubernur Aceh, pada acara Rakerwil BPI KPNPA RI itu juga diadakannya seminar.

Sebagai nara sumber pada seminar Tindak Pidana Korupsi, yakni; A. Fauzi, MH., MM., Dir Dumas BPI KPNPA RI, dan Rian Herviansyah Utama, SH., MH., dari KPK, serta hadir undangan khusus, di antaranya :

1. Irjen Pol Drs. Faturahman
2. Laksda TNI Eko Jarno
3. Alisha Fianne J. Sanger JE (Executive Board UMKM meMiles)
4. Brigjen TNI DJ Hartanto
5. Ki Tirto SK Mbah Mar
6. Misradi Almaduri, SH (Sekjen BPI KNPA RI)
7. Rahmad Sukendar (Ketua Umum BPI KNPA RI). (red)