Jalin Silaturahmi dengan Eks Napiter, Kapolsek Ibun: Berharap Menjalani Hidup Lebih Baik

JayantaraNews.com, Kab. Bandung

Dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, belum lama ini jajaran TNI dan Kepolisian menjalin komunikasi dengan Eks Napi Teroris.

YC, salah satu napiter pelaku perencanaan pengeboman di wilayah Bandung yang dikenal dengan Bom Panci pada tahun 2017 lalu, dan divonis hukuman selama 3,5 tahun, kini kembali dan menjalani hidup berdampingan dengan masyarakat serta Forkopimcam Ibun, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Terakhir keluar dari Lapas Sentul (Lapas Khusus Teroris) pada bulan Februari 2020 lalu, YC yang kemudian kembali ke masyarakat, kini menjalani hidup dengan menjadi seorang pengrajin konveksi, dengan mesin jahitnya pemberian dari Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan, S.IK.

“Alhamdulillah, hari ini saya bersama anggota Koramil bisa bersilaturahmi dengan eks napiter, serta berbincang-bincang seputar kegiatannya sekarang ini,” kata Kapolsek Ibun IPTU Carsono, SH., saat diwawancarai JayantaraNews.com, Rabu (7/4).

Pada kesempatan itu, YC menyatakan akan kembali meniti kehidupan bersama keluarga dan akan kembali ke pangkuan NKRI serta setia pada Pancasila.

“Tadi juga YC telah berkomitmen akan meninggalkan semua paham-paham intoleransi, radikal dan terorisme serta mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah dan kepolisian yang sudah membantu serta membina kembali ke NKRI,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolsek Ibun Iptu Carsono menjelaskan, semenjak bebas, YC bersama keluarganya telah menjalin komunikasi baik dengan masyarakat sekitar. YC pun selalu memberikan gambaran, bahwa apa yang dilakukannya sudah banyak merugikan banyak orang.

“Intinya, YC ini sangat menyesali perbuatannya, dan Alhamdulillah sekarang dia telah kembali menjadi warga NKRI yang sebenarnya,” katanya.

Sementara itu, YC, saat dihubungi di Mapolsek Ibun, Rabu (7/4) mengatakan, “Saya sangat berterima kasih sekali kepada Kapolsek Ibun dan Kapolresta Bandung yang telah membimbing dan memberikan mesin jahit kepada saya, untuk menjalani hidup yang lebih baik. Saya pun akan setia kepada NKRI dan Pancasila serta membuang jauh paham radikalisme,” ungkapnya.

Sebagai bentuk ucapan terima kasih, Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan, S.IK, melalui Kapolsek Ibun Iptu Carsono, memberikan tali asih kepada YC. “Semoga tali asih ini dapat membantu kehidupan keluarga mereka, dan menjadi keluarga yang lebih sejahtera,” pungkas Kapolsek Ibun. (Asep S/Egi BP)