Kades Ciheulang Ciparay Bantah Ketidaksesuaian Data BLT-DD: SID Kemendes Jangan Jadikan Acuan

JayantaraNews.com, Kab. Bandung

Sistem Informasi Data (SID) Kemendes menjadikan salah satu adanya keterbukaan informasi publik dalam penerapan anggaran yang masuk ke tiap desa di Indonesia. 

Namun, kadangkala Sistem Informasi Desa (SID) Kemendes akurasinya masih diragukan, karena tidak adanya perubahan bila ada keselahan dalam pencatatan.

Seperti halnya yang terjadi di Desa Ciheulang, Kec. Ciparay, Kab. Bandung. Dimana dalam SID Kemendes, penerima BLT DD itu sebanyak 243 KPM, sedangkan sesuai dengan ketetapan kepala Desa Ciheulang, penerima BLT DD ada sebanyak 263.

Menurut Kepala Desa Ciheulang Rubby Nur Habibi, saat dihubungi JayantaraNews.com, pada Senin (19/4) mengatakan, “Kalau memang itu di data SID Kemendes tertera 243, berarti Kemendes belum merubah Sistem Informasi Desa Ciheulang, karena data BLT DD saya sudah sesuai, yaitu 264. Cuma entah apa yang terjadi di Sistem Informasi Desa untuk Desa Ciheulang, Kec. Ciparay, kok tidak ada perubahan. Saya tidak menyalahkan siapa pun di sini, yang terjadi mis komunikasi,” jelas Kades Ciheulang.

Menurutnya, dengan data Penerima BLT DD sebanyak 264 itu sudah diketahui oleh inspektorat dan DPMD Kabupaten Bandung, dan sebetulnya sudah tidak ada masalah lagi dalam pembagian BLT DD di Desa Ciheulang. Jadi telah sesuai, hanya Sistem Informasi Desa yang dikeluarkan oleh Kemendes belum diubah. “Maka dari itu, saya akan berusaha koordinasi dengan Kemendes agar segera diubah pemerima BLT DD Desa Ciheulang, karena sesuai dengan musdes yang telah terselenggara,” tandas Kades Ciheulang Rubby Nur Habibi. (Asep S)