Kontroversi Gubernur Terkait Citarum, Ini Pandangan Budayawan Tisna Sanjaya:

IMG_20190102_155222

JayantaraNews.com, Kab Bandung

Pernyataan Dr Tisna Sanjaya selaku Budayawan: Ridwan Kamil pernyataannya blunder.

Sebagai seorang Gubernur Jabar yang baru beberapa bulan dilantik, seharusnya berterimakasih dan ikut bekerja langsung, lebur atas apa yang sedang dikerjakan oleh upaya – upaya Jokowi untuk Citarum, yang mangkrak di era Aher,” jelasnya.

” Emil sudah mengeluarkan pernyataan tidak kondusif. Padahal Presiden, stafnya, aparat pemerintah dan warga sebagai giat – giatnya, bekerja untuk penataan Citarum. ” Jika dalam proses sekarang masih ada kordinasi yang kurang lancar, antara institusi atau kelompok – kelompok pegiat lingkungan, aparat dan seterusnya, menurut saya justru harus lebih hati – hati untuk menyampaikan ucapan di media,” ucap Tisna.

IMG_20190102_155232

Tisna juga menambahkan,” Sebab penataan Citarum, masalahnya sangat kompleks, ragam kepentingan dan masalah birokrasi, budaya, karakter warga, bisnis hingga politik. Jika pernyataan pemimpin ungkapannya vulgar, sembarangan berucap di tengah – tengah warga dan terutama TNI yang sangat giat membersihkan sungai dan lingkungan Citarum, maka spirit kerja gotong royong, tradisi silih bantuan, asih-asah-asuh keur lemah cai urang bakal mangkrak deui seperti yang sudah – sudah. Pemimpin harus ekstra hati – hati, merenungkan sikon sebelum berucap dan bertindak, sebab yang dihadapi, selain secara fisik cai Citarum nu kiruh, juga sikon sosial tahun politik yan sedang dalam proses penataan menuju budaya demokrasi yang damai, tidak dengan cara pilihan ungkapan yang bisa membuat konflik,” tutup dia. (Hendra)

0Shares