HomeNewsSidang Paripurna DPRD Sumbawa Sampaikan Laporan Hasil Reses I Masing2 Dapil

Sidang Paripurna DPRD Sumbawa Sampaikan Laporan Hasil Reses I Masing2 Dapil

Sidang Paripurna DPRD Sumbawa Sampaikan Laporan Hasil Reses I Masing2 Dapil

IMG-20190313-WA0225

JayantaraNews.com, Sumbawa

Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sumbawa, dengan agenda Penyampaian Laporan Hasil Reses I Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa pada masing-masing Daerah Pemilihan atau Dapil yang berlangsung pada Selasa (11/03) di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Sumbawa.

Kemudian berikut sebagai laporan tersebut, Laporan Hasil Reses I DPRD Kabupaten Sumbawa Daerah Pemilihan I (Satu) Kabupaten Sumbawa Tahun Sidang 2019.

Khususnya Daerah Pemilihan I, Kabupaten Sumbawa, yang meliputi 3 (tiga) kecamatan yakni: Kecamatan Sumbawa, Kecamatan Moyo Utara dan Kecamatan Moyo Hilir. Adapun Reses I ini telah dilaksanakan pada tanggal 20 sampai dengan tanggal 26 Februari 2019.

Sidang Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Reses Anggota DPRD merupakan Kewajiban Konstitusional Anggota DPRD sebagai wujud nyata dalam memperjuangkan aspirasi rakyat, sehingga forum ini menjadi sangat penting, sebab semua masukan, dan harapan yang disampaikan masyarakat akan dituangkan dalam penyusunan Pokok-pokok Pikiran DPRD sebagai bagian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Berdasarkan hasil Reses I Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa di Dapil I, kami harapkan, semua aspirasi masyarakat sebagai salah satu bagian dalam penyusunan RKPD, dapat ditampung dan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah.

Selanjutnya berikut disampaikan beberapa aspirasi yang kami serap dari masyarakat untuk direspon dan menjadi perhatian kita bersama, adapun aspirasi tersebut dapat kami jabarkan ke dalam pengelompokan 3 (tiga) bidang, yakni meliputi :

Bidang Fisik meliputi :
Perbaikan tanggul pengaman tebing, pembangunan sekolah, pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jalan usaha tani, pembangunan hotmix jalan, lampu penerangan jalan, pembangunan jembatan/jembatan limpas, peningkatan jalan, pembangunan turap/talud/bronjong penahan tebing, pembuatan tembok tempat pemakaman umum, pembuatan sumur bor, normalisasi sungai, perbaikan drainase, saluran irigasi, cekdam, pembangunan balai pertemuan/gedung serba guna, pemagaran makam dan pembangunan jalan wisata, termasuk juga pembangunan dan peningkatan jalan dari simpang jalan Desa Olat Rawa menuju Dusun Nanga Lidam.

Bidang Ekonomi Meliputi :
Pengadaan alat pertanian, perikanan, bibit ternak, benih berkualitas, pengadaan terop dan kursi, pengadaan mesin diesel, pengadaan sampan, transplantasi terumbu karang, pembangunan jaringan listrik, bantuan dana atau modal usaha bagi kelompok masyarakat, pemberian pelatihan/pembinaan dan pemberian bantuan alat bengkel, pertukangan, menjahit, serta bantuan peralatan atau sarana prasarana untuk usaha kecil menengah (UKM) lainnya.

Pedidikan, Sosial Budaya dan Kesehatan meliputi :
Pembangunan tembok dan lokal sekolah, pembangunan PAUD, pembangunan tempat ibadah, renovasi cagar budaya, penataan tempat pariwisata, pengadaan Tempat Pemakaman Umum (TPU), pembangunan TPA, penambahan alat kesehatan rumah sakit, Puskesmas, dan Postu.

Adapun, selengkapnya seluruh aspirasi masyarakat yang telah dijaring oleh masing-masing anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Dapil I yang diperoleh dari Hasil Reses I ini dapat dilihat pada Daftar Lampiran Hasil Reses (yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari laporan ini) sebagaimana terlampir.

Anggota DPRD Sumbawa Dapil I :
Muhammad Yamin, SE, M.Si,
Kamaluddin, ST, M.Si,
Syamsul Fikri AR, S.Ag, M.Si, Andi Rusni, SE, Hairil HM Ali,
H Hafied Awad, BA, Khaeruddin, SE,
Ramliyanto, SH, Adizutl Syahabuddin, SP.

Laporan hasil Reses I DPRD Kabupaten Sumbawa Daerah Pemilihan II (Dua)  Kabupaten Sumbawa Tahun Sidang 2019.

Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa pada Daerah Pemilihan 2, telah melaksanakan Reses dan mendapatkan masukan aspirasi masyarakat terkait dengan beberapa infrastruktur vital seperti jalan dan jembatan, dan juga aspirasi di sektor pendidikan, kesehatan, kependudukan, pelayanan, pertanian dan peternakan.

Untuk kemudian dapat diakomodir dalam bentuk program kerja yang nantinya diharapkan dapat diimplementasikan dalam bentuk program dan kegiatan perangkat daerah pada penganggaran tahun berjalan dan tahun rencana. Secara umum perlu kami sampaikan, bahwa di Dapil 2 Kabupaten Sumbawa, sebagian besar aspirasi masyarakat lebih mengarah kepada bentuk fisik, karena dinilai manfaatnya dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti pembuatan jalan, jembatan, pengadaan alat mesin pertanian (alsintan) serta dalam bentuk lainnya. Di Dapil 2 Kabupaten Sumbawa meliputi 8 kecamatan, yakni Kecamatan Lape, Kemacatan Lopok, Kecamatan Lantung, Kemacatan Ropang, Kemacatan Lenangguar, Kecamatan Lunyuk, Kecamatan Orong Telu dan Kecamatan Moyo Hulu.

Bidang Fisik meliputi :
Perbaikan jalan utama, pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jalan usaha tani, peningkatan jalan, pemasangan paving blok, pembangunan turap/talud/bronjong pengaman tebing, pembuatan sumur bor, saluran drainase, saluran irigasi dan cekdam, pembangunan Bak Penampungan Air, normalisasi sungai, pembangunan tembok pagar dan lokal sekolah, pembangunan tempat ibadah, pembangunan balai pertemuan/gedung serba guna, bedah rumah, pemagaran puskesmas dan pemagaran keliling makam, serta pembangunan gedung dan sarana prasarana olahraga.

Bidang Ekonomi meliputi :
Pengadaan alat pertanian, pengadaan ternak, pengadaan mesin bud dan jaring ikan untuk nelayan, pengadaan benih berkualitas, pupuk bersubsidi, pengadaan terop dan kursi bagi kelompok masyarakat, pembangunan jaringan listrik dan pembangunan jaringan telekomunikasi, memberikan pelatihan dan bantuan modal usaha bagi kelompok masyarakat, memberikan pelatihan dan bantuan alat bengkel, bantuan peralatan atau sarana dan prasarana untuk usaha kecil menengah (UKM), penambahan armada pengangkut sampah di tiap-tiap kecamatan dan lain sebagainya.

Pedidikan, Sosial Budaya dan Kesehatan meliputi :
Pemberian dan penambahan fasilitas ibadah, penambahan alat kesehatan rumah sakit, puskesmas, dan postu. Pemberian penanganan khusus bagi penyandang cacat dan orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Pemberian bantuan dana untuk pengembangan lembaga baik lembaga pendidikan maupun lembaga sosial, yayasan, dan sekolah negeri maupun swasta serta pembebasan lahan untuk tanah makam dan pembangunan rumah dinas guru di daerah terpencil.

Adapun secara lengkap seluruh aspirasi masyarakat yang telah dihimpun oleh masing-masing Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa dari Dapil 2 dapat dilihat pada Daftar Lampiran Hasil Reses I sebagaimana terlampir.

Anggota DPRD Sumbawa Dapil II :
– HA Rahman HMS, S.Pd (Fraksi PPP)
– Ahmadul Kusasi, SH (Fraksi Partai Golkar)
– Akhmad Junaidi (Fraksi Partai Hanura)
– H Zulkarnaen (Fraksi Partai Nasdem)
– H Mustajabuddin, S.Sos (Fraksi PAN)
– Edy Syarifuddin (Fraksi Partai Nasdem)
– Salamuddin Maula (Fraksi Bintang Keadilan)
– Saripudin, S.Pd (Fraksi Partai Gerindra)
– Muhammad Yasin Musammah, S.AP (Fraksi Partai Demokrat)
– I Nyoman Wisma (Fraksi PDI-Perjuangan)

Laporan Hasil Reses I DPD Kabupaten Sumbawa Daerah pemilihan III (Tiga) Kab. Sumbawa Tahun Sidang 2019.

Daerah Pemilihan 3 (tiga) Kabupaten Sumbawa yang meliputi Kecamatan Tarano, Kecamatan Empang, Kecamatan Labangka, Kecamatan Plampang dan Kecamatan Maronge. Adapun beberapa Hasil Reses I yang dilaksanakan di Dapil 3 (tiga) Kabupaten Sumbawa, dibagi ke dalam pengelompokan tiga bidang, yakni

BIDANG FISIK meliputi :
Perbaikan tanggul pengaman tebing, pembangunan dan rehab sekolah, pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jalan usaha tani, pembangunan hotmix jalan, pemasangan paving blok, lampu penerangan jalan, pembangunan jembatan/jembatan limpas, peningkatan jalan, pembangunan turap/talud/bronjong pengaman tebing, pembuatan tembok tempat pemakaman umum, pembuatan sumur bor, normalisasi sungai, perbaikan drainase, saluran irigasi, cekdam, pembangunan balai pertemuan/gedung serba guna, dan pemagaran makam.

Bidang Ekonomi meliputi : Pengadaan alat pertanian, perikanan, benih berkualitas, pengadaan terop dan kursi, pengadaan mesin diesel, pengadaan sampan, transplantasi terumbu karang, pembangunan jaringan listrik, bantuan dana atau modal usaha bagi kelompok masyarakat, pemberian pelatihan dan pemberian bantuan alat bengkel, pertukangan, menjahit, serta bantuan peralatan atau sarana prasarana untuk usaha kecil menengah (UKM) lainnya.

Pendidikan, Sosial Budaya Dan Kesehatan Meliputi : Pembangunan tembok dan lokal sekolah, pembangunan PAUD, pembangunan tempat ibadah, renopasi cagar budaya, penataan tempat pariwisata, pengadaan Tempat Pemakaman Umum (TPU), pembangunan TPA, penambahan alat kesehatan rumah sakit, puskesmas, dan postu.   Adapun selengkapnya seluruh aspirasi masyarakat yang telah dijaring oleh masing-masing Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa dari Dapil 3 (tiga) yang diperoleh dari Hasil Reses I ini dapat dilihat pada Daftar Lampiran Hasil Reses (yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari laporan ini) sebagaimana terlampir.

anggota DPRD Sumbawa Dapil III :
– H Nurdin Marjuni, SH (Fraksi Partai Golkar)
– Indra Herwansyah (Fraksi PDI-Perjuangan)
– Muhammad Nur, S.Pd.I (Fraksi PPP)
– Hasanuddin, SE (Fraksi NasDem)
– A Rahman Atta, S.Ag, MM (Fraksi PAN)
– Rosihan, SE (Fraksi Bintang Keadilan)
– Budi Kurniawan, ST (Fraksi Demokrat)
– Muhammad Faesal, S.AP (Fraksi
– Gerindra) Hasanuddin, SE (Fraksi Hanura)

Laporan Hasil RESES I DPRD Kabupaten Sumbawa Daerah Pemilihan IV (EMPAT) Kabupaten Sumbawa Sidang Tahun 2019

Hasil Reses I Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa dari Daerah Pemilihan IV yang meliputi 5 (lima) kecamatan, yakni Kecamatan  Rhee, Utan, Buer, Alas, dan Alas Barat.
Hasil Penyerapan Aspirasi Masyarakat Untuk diketahui bersama dari Kegiatan Reses I Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa di Daerah Pemilihan IV, berbagai kebutuhan dasar masyarakat seperti pelayanan pendidikan, kesehatan, infrastruktur serta pola pelayanan pemerintah mengemuka untuk diperbaiki serta dituntaskan melalui program di tahun-tahun mendatang.  Secara garis besar dapat kami sampaikan Hasil Reses I Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Dapil IV yang dibagi dalam tiga bidang, sebagai berikut

Bidang Infrastruktur/Fisik Meliputi : Pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan, jembatan, paving blok, drainase, bendungan, chek dam, saluran irigasi, jalan usaha tani, pemagaran makam dan pembangunan jalan wisata; Normalisasi sungai, pembangunan turap/talud/bronjong pengaman tebing, jaringan irigasi, pembangunan sumor bor dan sarana air bersih; Pembangunan dan perbaikan sarana prasarana pendidikan, sarana ibadah, dan sarana prasarana kesehatan; dan Pembangunan jaringan listrik dan pemasangan lampu jalan.

Bidang Ekonomi Meliputi :
Penguatan Lembaga UMKM seperti pemberian pelatihan dan pemberian alat pembuatan kue, rombong, alat salon, mesin jahit, alat bengkel dan perlindungan pedagang retail dari persaingan usaha tidak sehat; Pengembangan bidang peternakan, pertanian, perikanan dan kelautan guna mendukung penguatan kelembagaan kelompok tani, kelompok ternak seperti pengadaan bibit unggul, pengadaan alsintan, pupuk, pengadaan alat ketinting, rumpon dan kerambah bagi para nelayan; dan Pemerintah Daerah diharapkan turut mengontrol harga kebutuhan pokok yang sering mengalami kenaikan harga terutama menjelang perayaan hari-hari besar, sehingga banyak masyarakat yang mengeluhkan hal tersebut.

Bidang Kesehatan,Sosial dan Budaya Meliputi :
Pemetaan daerah rawan bencana guna meminimalisir dampak yang akan ditimbulkan; Penambahan alat kesehatan untuk pukesmas dan postu; Penguatan kegiatan keagamaan, adat dan budaya Samawa karena bagian dari kearifan lokal; dan Pemberdayaan dan pengembangan potensi wisata dan situs cagar budaya.   Adapun data lengkap Hasil Reses I seluruh Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Daerah Pemilihan IV dapat dilihat pada daftar lampiran yang menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan pada laporan ini.

anggota DPRD Sumbawa Dapil IV :
H. Lalu Budi Suryata, SP.  (Fraksi PDI-Perjuangan)
Abdul Rafiq     (Fraksi PDI-Perjuangan)
H. Abdul Hakim, SE.   (Fraksi Partai Golkar)
M. Berlian Rayes, S.Ag.  (Fraksi Partai Golkar)
Cecep Lisbano, S.IP., M.Si.  (Fraksi Partai Hanura)
Ismail M, SH.    (Fraksi PPP)
H. Salman Al-Farisi, SH.  (Fraksi PAN)
Basaruddin, S.AP.   (Fraksi Partai Demokrat)
Ir. H. Syamsul Nurdin   (Fraksi Partai Gerindra)
Muhammad Saad, S.AP.  (Fraksi Partai Hanura)
Bunardi     (Fraksi Partai NasDem)

Laporan Hasil RESES I DPRD Kab. Sumbawa Daerah Pemilihan V (LIMA) Kab. Sumbawa Tahun Sidang 2019

Laporan Hasil Reses I di Dapil 5 (lima) Kabupaten Sumbawa yang meliputi Kecamatan Labuhan Badas, Kecamatan Batu Lanteh dan Kecamatan Unter Iwes yang dilaksanakan pada tanggal 20-26 Februari 2019.
Hasil Reses Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Dapil V

Bidang Fisik :
Pembangunan dan perbaikan prasarana jembatan, drainase, pengamanan tebing turap/talud/bronjong pengaman tebing; Pembangunan infrastruktur jalan di masing-masing kecamatan dan desa, termasuk jalan lingkungan baik produk lapen ataupun rabat beton serta paving blok; Pembangunan Jalan Usaha Tani dan Saluran Irigasi Pertanian guna menunjang kebutuhan para petani; Perbaikan prasarana pendidikan pada masing-masing tingkatan dari TK/PAUD sampai SMP baik kebutuhan pembangunan lokal baru maupun rehab gedung guna menunjang proses belanja siswa; Pembangunan dan perbaikan prasarana kesehatan guna memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal pada masyarakat; Penyediaan alat bermain dan komputer serta laptop untuk menunjang kegiatan ujian nasional berbasis komputer; Penyediaan sumber air bersih untuk kebutuhan harian masyarakat maupun penyedian sumber air untuk kebutuhan pertanian petani serta dilengkapi dengan fasilitas penunjang pertanian lainnya; Pembangunan dan perbaikan rumah ibadah baik masjid maupun mushollah serta pura ataupun tempat ibadah lainnya guna kenyamanan dalam menjalankan ibadah.

Bidang Sosial, Budaya dan Pariwisata: Pengadaan sarana dan prasarana untuk kelompok PKK di Desa; Pengadaan kursi dan terop untuk kegiatan sosial serta keagamaan masyarakat; dan Pemasangan batu/pengaman pantai serta pembenahan Desa wisata sebagai destinasi andalan Kabupaten Sumbawa.

Bidang Ekonomi : Pengadaan Alsintan menjadi kebutuhan prioritas petani begitu juga dengan mesin ketinting dan rumpon serta sampan fiber bagi para nelayan; Pengadaan rombong bagi pedagang kecil dipinggir jalan serta perlindungan usaha pedagang retail eceran dari gempuran hegemoni atau monopoli toko modern berjejaring; dan Pengadaan alat pertukangan dan perbengkelan guna menggerakkan lokomotif ekonomi di desa.   Demikian hal-hal yang dapat kami sajikan sebagai bentuk kebutuhan masyarakat yang terserap dalam Reses I yang dilaksanakan Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa dari Daerah Pemilihan 5 (lima).

anggota DPRD Sumbawa Dapil V :
DR. Drs. A Rahman Alamudy, SH, M.Si.
Ida Rahayu,S.AP.
Junaidi Hamzah Abdullah
Rusli Manawari
H. Ardi Juliansyah,S.IP.

Demikian laporan lengkap Jim Sujiman dari ruang sidang utama DPRD Kabupaten Sumbawa. (Dhy JN)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News