Hindari Hoax Jelang Pemilu, Bawaslu Gelar Sosialisasi Ke Masyarakat Nisut

IMG-20190329-WA0010

JayantaraNews.com, Nias Utara

Menjelang demokrasi 17 April 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut, mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menghindari informasi berita hoax.

Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Marwan, S.Ag,(kordiv antar lembaga) dalam sambutannya mengatakan, bahwa sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019 di Kabupaten Nias utara, terlaksana di gedung serba guna Kantor Camat Lahewa, Kamis (28/3/2019) pukul 11.30 WIB.

Marwan menyampaikan, bahwa disaat gempar-gemparnya  informasi berita hoax terkait pesta demokrasi 17 April 2019, sebagai masyarakat yang peduli akan cinta tanah air, mari tetap membangun persatuan dan kesatuan sebagai sesama anak bangsa. Karena Pemilu ini adalah sarana untuk mencari Pemimpin Republik Indonesia dan wakil rakyat sebagai perpanjangan tangan di pemerintahan dan yang menyampaikan aspirasi ke lembaga DPRD. ” Maka dari hal tersebut, mari kita manfaatkan sarana untuk menciptakan kedamaian,” ungkapnya.

Marwan juga mengajak seluruh masyarakat Nias Utara untuk berperan serta membantu jalannya pengawasan pemilihan umum.
” Bawaslu Kabupaten Nias Utara telah membentuk Pengawas TPS (PTPS) yang nantinya bertugas membantu melakukan pengawasan di setiap desa di beberapa lokasi TPS,” kata Marwan.

Demikian pula Hendy S Sitinjak, SH yang menjelaskan, melalui sosialisasi ini, kami berharap agar para stakeholder terkait dapat mendistribusikannya di tengah-tengah masyarakat, bahwa betapa pentingnya menciptakan pemilu yang jujur dan adil.

Dalam sebuah perjuangan politik, pasti ada berbagai cara untuk mendapatkan sebuah kemenangan secara perorangan. Maka atas hal itu, kita sebagai pengawasan berharap agar dapat kita antisipasi segala hal kencurangan, dan money politik uang atau “Golput”.

Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nias Utara, Hery mengajak,” Mari kita berkomitmen untuk menjadi pemilih yang cerdas, dan pihaknya siap mendukung jalannya pesta demokrasi yang jujur dan adil, juga mengimbau agar peserta pemilu mematuhi segala aturan kampanye”.

” Jika masyarakat menemukan segala pelanggaran pemilu, diimbau agar segera melaporkannya kepada pengawas pemilu. Sertakan bukti! dan kami akan memprosesnya sesuai aturan yang ada melalui Centra Gakumdu,” tuturnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, para tokoh dan unsur Pemerintah Kecamatan Lahewa Bazaaro Nazara, dan Camat Afulu (Otonomi Zebua), Lurah Pasar Lahewa (Amran Gulo), Kapolsek Lahewa AKP Arius Zega, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Utara (Memory Zendato) beserta para Komisioner Bawaslu Nisut, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ormas dan para pemilih pemula SMA N 1 Lahewa.

Pada arahannya, Camat Lahewa Bazaaro Nazara mewakili para tokoh pemerintah, agama dan tokoh masyarakat, menyampaikan, kami sangat mengapresiasi, dimana pada acara demokrasi 2019 dapat berjalan dengan baik, dan segala masalah dapat tertuntaskan hingga segala kecurangan pada pemilu kada dapat dipantau.

Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Utara Memory Zendrato, S.Pd, K menyebutkan, tinggal 21 hari lagi, tentu Bawaslu berbenah untuk mensosialisasikan cara-cara pengawasan dan tata cara bagaimana pesta demokrasi ini dapat menghasilkan yang lebih baik lagi. ” Dan kami mengharapkan kepada kita semua elemen, agar kita menjadi pemilih partisipatif dan pemilih cerdas dalam menentukan pilihannya,” tutup Memory Zendrato. (N/z)

0Shares