Wabup Agam Lantik 30 Pengurus KPPI Periode 2019-2024

JayantaraNews.com, Agam

Wakil Bupati (Wabub) Agam Trinda Farhan Satria, melantik sebanyak 30 orang pengurus Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kabupaten Agam untuk periode 2019-2024, di Aula Hotel Sakura Syari’ah, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Senin (29/7/2019).

Sebanyak 30 orang pengurus KPPI Kabupaten Agam yang dilantik Wakil Bupati (Wabub), di antaranya ialah Ketua Nila Wati Bac, Sekretaris, Fatmiarti dan Bendahara Rosmiati di acara tersebut.

Wakil Bupati (Wabup) Agam, juga membuka secara langsung pelatihan peningkatan kapasitas perempuan dalam politik bertema “Kita Tingkatkan Peran Serta Perempuan Dalam Ranah Politik Di Kabupaten Agam”.

Pelatihan itu berlangsung selama 2 hari, dari 29 Juli hingga 30 Juli, diikuti sebanyak 70 orang peserta.

Di kegiatan tersebut, diketahui menghadirkan 4 (empat) orang narasumber, yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat Drs Besri Rahmad MM, Presidium Nasional Koalisi Perempuan Indonesia Ir Fitri Yanti, Wakil Ketua DPD KPPI Sumatera Barat Dra Hj Yasnida Syamsudin, MM dan Kepala Dinas Dalduk KB PP dan PA Agam Retmiwati.

Seterusnya, panitia pelaksana kegiatan ini, Kabid Pemberdayaan Perempuan Dinas Dalduk KB PP dan PA Kabupaten  Agam, Yulhendri.

Menurut Yulhendri melalui JayantaraNews.com menerangkan,” Pelantikan dan pelatihan pengurus KPPI Agam periode 2019-2024 ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan untuk meningkatkan wawasan peserta, memotivasi dan meningkatkan peran perempuan dalam ranah politik di Kabupaten Agam ini,” tuturnya.

Kita berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan peran dan fungsi juga potensi pengurus serta menguatkan kapasitas organisasi KPPI dalam ranah politik, dan bisa membawa isu perempuan dalam pengambilan keputusan yang berdampak luas bagi masyarakat luas, ulasnya.

Di acara tersebut, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria menyampaikan, KPPI Agam merupakan wadah bagi perempuan politik yang bertujuan untuk mendorong partisipasi perempuan dalam partai, dalam rangka menyuarakan aspirasi perempuan dan wadah informasi bagi para aktivis perempuan di partai politik, ucapnya.

Di dalam keterlibatan bagi perempuan dalam ranah politik sangatlah terpenting. Dimana Pemerintah Kabupaten Agam menyambut baik dan mendorong kegiatan-kegiatan KPPI Agam ini.

” KPPI Agam ini hendaknya dapat memaksimalkan peran dan fungsinya ditengah-tengah masyarakat di Agam,” tambahnya.

Wabup berharap, kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan peran serta perempuan dalam ranah politik, baik secara formal maupun informal. Serta meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri dan menguatkan peran dan fungsi juga serta tugas organisasi KPPI dalam ranah politik di Agam.

“ Jadi diharapkan, untuk kedepannya KPPI di Agam ini dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan semaksimal mungkin dan juga memberikan dampak positif di dalam meningkatkan upaya peningkatan peran perempuan di ranah politik, sehingga dengan meningkatnya kualitas perempuan akan memberikan daya ungkit yang besar bagi pembangunan,” harapnya. (ZUL)

0Shares