HomeLintas BeritaKunker Kapolda Papua Ke Wamena Jayawijaya Pasca Kerusuhan

Kunker Kapolda Papua Ke Wamena Jayawijaya Pasca Kerusuhan

Kunker Kapolda Papua Ke Wamena Jayawijaya Pasca Kerusuhan

JayantaraNews.com, Polda Papua

Bertempat di Apron II Bandara Wamena, Jl Gatot Subroto Wamena telah tiba Kapolda Papua Irjen Pol Drs Paulus Waterpau beserta rombongan dalam rangka kunjungan kerja pasca kerusuhan di Kota Wamena yang terjadi pada tanggal 23 September 2019, Minggu (6/10/19).

Rombongan Kapolda Papua yang berangkat dari Bandara Sentani menggunakan pesawat Trigana Air IL 275 PK-YSK landing di Bandara Wamena dan dijemput oleh Karo Ops Polda Papua Kombes Pol Gatot Haribowo, Dansat Brimob Polda Papua Jermias Rontini, SIK, M.Si, Dansat Brimob Babel, Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda, SH, Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto, SH, dan para Perwira Brimob BKO, Polres Jayawijaya dan Kodim 1702 JWY.

Dalam penjelasannya, Kapolda Papua menyampaikan, kita akan laksanakan monitoring di seputaran Kota Wamena untuk memantau lokasi pembakaran  rumah dan pengungsi yang ada di seputaran kota, Binmas Polres Jayawijaya untuk melaksanakan imbauan kepada masyarakat agar masyarakat dapat melaksanakan aktivitas seperti sedia kala dengan tidak ada rasa takut dan was-was serta tidak mudah terprovokasi adanya isu Hoax.

Dilanjutkan dengan Penjelasan Kapolres Jayawijaya yang menyampaikan,” Pengungsi di Wamena justru warga masyarakat yang berada di dalam kota dan ditambah masyarakat yang berasal dari kabupaten pemekaran. Kita telah melaksanakan pertemuan untuk mempersiapkan aktivitas sekolah pada hari Senin. Pengungsi yang ada di Kabupaten Jayawijaya sudah berkurang. Kemarin kita sudah laksanakan pembersihan puing-puing, dan infrastuktur sudah mulai membaik,” katanya.

Selanjutnya, Kapolda Papua beserta rombongan melaksanakan pemantauan pengungsi dan tiba di Gereja Lachairoi Hom-hom Wamena untuk melihat kondisi pengungsi yang disambut oleh Pdt Purba yang menyampaikan,” Sejak kejadian kemarin, belum ada dari pemerintah daerah yang melihat kami di sini. Pasca kejadian, banyak terjadi pencurian dan penjarahan di rumah-rumah kami. Kalau bisa ada Pos Pol 1 di situ untuk menjaga masyarakat di sekitar tempat tinggal kami.”

Dalam Kunjungan tersebut, Kapolda menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir. Silahkan lanjutkan kegiatan secara rutin, dan jika membutuhkan keamanan segera lapor kepada pihak keamanan setempat agar dipenuhi.

“ Kita sudah melaksanakan rapat dengan Pak Gubernur dan kita usulkan untuk pembangunan rumah darurat, dan dari PUPera serta Kementerian Sosial sudah mendatakan untuk kedepan dibantu. Doakan saja agar bantuan tersebut bisa datang dalam waktu dekat. Kita minta agar tidak mendengar isu-isu yang berkembang, agar membantu kami dan berdoa agar pelaku segera tertangkap,” kata Kapolda Papua.

Di akhir peninjauan, Kapolda Papua Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw menyampaikan,” Saya hadir pada hari Minggu ini hadir di Wamena bersama dengan beberapa pejabat utama didampingi Kapolres untuk memastikan keadaan situasi saat ini di Wamena.

“ Kami keliling ke tempat pengungsian masih ada yang merasa khawatir, ragu tapi kami sudah menyentuh mereka, di pengungsian sudah mulai berkurang, yakni bahwa kita semua sudah ada penebalan dari Brimob, TNI Batalyon, Kodam kita memberikan rasa tenang masyarakat Wamena yang bekerja memiliki usaha di sini. Kami mengimbau kepada saudara-saudara yang memiliki rumah bisa kembali ke rumah masing-masing kami akan kawal, kami jaga,” ucap Kapolda Papua.

Kapolda Papua juga menambahkan, untuk saudara-saudara yang sudah turun dan kembali ke daerah masing-masing dapat melihat situasi saat ini sudah mulai normal kembali, mulai besok Bapak Bupati dan pemerintah daerah sudah mulai aktifkan kegiatan sekolah, semua aktivitas sudah mulai normal kembali.

Sebelum mengakhiri peninjauannya, Kapolda Papua mengimbau, bahwa pada situasi saat ini pasti ada yang memanfaatkan ruang untuk melakukan penjarahan perampok, mencuri, kami akan tingkatkan lagi penempatan pos di beberapa titik. Pengembangan penyelidikan tetap dilakukan, kita kembangkan sampai menemukan aktor dibalik semua rangkaian kerusuhan yang terjadi. (Zi JN)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News