HomeNewsPembukaan Diklat Di Kabupaten Belitung

Pembukaan Diklat Di Kabupaten Belitung

Pembukaan Diklat Di Kabupaten Belitung

JayantaraNews.com, Belitung

Kepala Dinas Kabupaten Belitung beserta jajaran menghadiri pembukaan Diklat Petugas Pengatur Lalu Lintas.

Diklat yang dibuka oleh Kabag Akademik Administrasi dan Ketarunaan Poltrada Bali Sugianto A.TD, MM itu, dilaksanakan mulai tanggal  07 s.d 11 Oktober 2019, hasil kerjasama Poltrada Bali dengan Pemerintah Kabupaten Belitung.

Diklat petugas pengatur lalu lintas dipersiapkan oleh Kabupaten Belitung dalam rangka menjamin terselenggaranya transportasi yang selamat, aman, nyaman, dan efisien.

Meningkatnya kecelakaan lalu lintas beberapa tahun terakhir dan pertumbuhan kendaraan di Kabupaten Belitung menjadi perhatian khusus pemerintah, sehingga diperlukan SDM yang kompeten dalam melaksanakan pengaturan di jalan.

Kompetensi yang diberikan terhadap lulusan Diklat ini adalah teknik pengaturan lalu lintas dan pemahaman terhadap peraturan lalu lintas, prosedur pengaturan lalu lintas, dan penanganan pertama pada kecelakaan.

Banyak tenaga pengajar terlibat guna menjamin kompetensi lulusan, di antaranya; Kementerian Perhubungan, Kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Perhubungan Setempat. Lulusan diklat ini diharapkan dapat meningkatkan kelancaran arus lalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas. (Red)

Pembukaan Diklat Di Kabupaten Kampar

JayantaraNews.com, Kampar

Guna meningkatkan keselamatan lalu lintas dan meningkatkan kompetensi SDM di bidang transportasi di Kabupaten Kampar, Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kampar melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Petugas Pengatur Lalu Lintas dan Keselamatan Berlalu Lintas.

Diklat ini secara resmi dibuka oleh Hendrialdi, A.TD, MT selaku Wakil Direktur Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali di Kabupaten Kampar.

Diklat ini diikuti oleh 90 orang peserta diklat yang berasal dari masyarakat Kabupaten Kampar.

Peserta Diklat juga dibekali pengetahuan tentang manajemen lalu lintas, pengaturan lalu lintas, tata cara berkendara, tata cara berlalu lintas di perlintasan sebidang, teknik pengaturan lalu lintas, dan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Setelah mengikuti Diklat ini, lulusan diharapkan dapat membantu meningkatkan keselamatan, kelancaran, dan ketertiban lalu lintas di Kabupaten Kampar. (Red)

Pembukaan Diklat Di Kota Pekanbaru

JayantaraNews.com, Pekanbaru

Wakil Direktur II Politeknik Transportasi Darat Bali Hendrialdi, A.TD, MT, secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang dilaksanakan pada tanggal 14 s.d 18 Oktober 2019 yang merupakan kerjasama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru beserta jajarannya.

Diklat yang dilaksanakan, antara lain Diklat Petugas Pengatur Lalu Lintas, Keselamatan Berlalu Lintas, dan Pengemudi Kendaraan Operasional yang diikuti oleh 115 peserta.

Tujuan dari diselenggarakannya Diklat ini adalah untuk menjamin terselenggaranya transportasi yang selamat, aman, nyaman, dan efisien. Meningkatnya kecelakaan lalu lintas beberapa tahun terakhir dan pertumbuhan kendaraan di Kota Pekanbaru yang pesat menjadi perhatian khusus pemerintah, sehingga diperlukan SDM yang kompeten, baik dalam berkendara maupun melaksanakan pengaturan di jalan.

Kompetensi yang diberikan tiap lulusan Diklat ini adalah teknik pengaturan lalu lintas dan pemahaman tentang manajemen lalu lintas, prosedur pengaturan lalu lintas, berkendara menggunakan mobil dan sepeda motor serta berlalu lintas di perlintasan sebidang kereta api, pemahaman tentang karakteristik pejalan kaki, dan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Selain itu, peserta diklat juga dibekali pemahaman tentang rambu, marka dan perlengkapan jalan, disiplin berlalu lintas, human factor pada kecelakaan lalu lintas, norma dan prosedur perusahaan, serta pengenalan terhadap kendaraan.

Tenaga pengajar yang terlibat pun juga berasal dari berbagai instansi, tidak hanya dari Kementerian Perhubungan serta Dinas Perhubungan Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru, Kepolisian Resort Kota Pekanbaru serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau juga turut berbagi ilmu mengenai tata cara berlalu lintas serta emergency response. Lulusan diklat ini diharapkan dapat membantu kelancaran lalu lintas di wilayah Kota Pekanbaru. (Red)

Pembukaan Diklat Di Kota Padang

JyantaraNews.com, Padang

Dalam rangka mendukung sektor pariwisata di Provinsi Sumatera Barat serta meningkatkan kompetensi pengemudi bus pariwisata dan angkutan umum, Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali bekerjasama dengan Pemerintah Kota Padang dan DPD Organda Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengemudi Bus Pariwisata dan Pengemudi Angkutan Umum yang secara resmi dibuka oleh Direktur POLTRADA Bali Dedy Cahyadi, yang didampingi oleh Wakil Direktur II Hendrialdi pada tanggal 21 Oktober 2019 di Kota Padang.

Diklat ini dilaksanakan selama 4 hari untuk diklat Pengemudi Angkutan Umum dan 5 hari untuk Diklat Pengemudi Bus Pariwisata dengan fokus kepada tata cara berkendara yang selamat dan nyaman, memahami peraturan lalu lintas, pengenalan terhadap kendaraan bermotor, kesehatan dan keselamatan kerja dan tentunya pelayanan prima kepada pengguna jasa pariwisata.

Para peserta tidak hanya menerima materi secara teori, namun praktek di lapangan juga.

POLTRADA Bali juga melaksanakan sertifikasi pada peserta Diklat Pengemudi Bus Pariwisata.

Sertifikasi dilakukan melalui Lembaga Sertifikasi Poltrada Bali yang merupakan perpanjangan tangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dimana sertifikasi kompetensi dilakukan sebagai pengakuan terhadap keahlian peserta diklat dan diharapkan dapat menjadi tolak ukur yang baik terhadap pelayanan jasa transportasi di daerah wisata. (Red)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News