HomeBandung RayaImbas Pemeliharaan Buruk, Luapan Sungai Citarik Genangi Desa Sukamanah Rancaekek

Imbas Pemeliharaan Buruk, Luapan Sungai Citarik Genangi Desa Sukamanah Rancaekek

Imbas Pemeliharaan Buruk, Luapan Sungai Citarik Genangi Desa Sukamanah Rancaekek

JayantaraNews.com, Kab Bandung

Pantauan JayantaraNews.com, pada Jum’at (24/1) di lokasi Desa Sukamanah, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, terlihat terendam banjir, imbas luapan Sungai Citarik, dengan ketinggian sekitar 50 – 100 cm.

Penulusuran JayantaraNews.com sebelum ke lokasi banjir, nyatanya sempat mendapati tumpukan sampah yang menggunung di pintu air Dam Adimaja Sungai Citarik Desa Sukamanah.

Ujang, salah seorang warga Desa Sukamanah mengutarakan,” banjir sudah dari kemarin pak, tapi hari ini ketinggian air lebih tinggi,” ujarnya.

Sementara, terkait bantuan pengobatan, Kepala Puskesmas Rancaekek dr Dedy mengatakan,” saya pagi tadi dapat laporan dari perangkat desa, dan langsung meluncur ke lokasi. Saya perbantukan 6 personel, termasuk dokter dan tenaga medis,” ujarnya.

Lanjut Dedy,” sekitar 30 warga sudah kita tangani. Kebanyakan sakit gatal dan diare, dan Alhamdulillah stock obat pun mencukupi,” tambahnya.

Di lain pihak, Dede Rohim selaku Kades Sukamanah kepada awak media mengatakan,” banjir sudah dimulai dari kemarin. Hampir 70 % wilayah kami tergenang banjir, diantaranya; RW: 10, 8,17, 7, 16, 6, 11, 5, 4, 15, 14, 2, 1, dan 12. Sementara area persawahan pun sekitar ratusan hektar rusak total,” imbuhnya.

Perlu diketahui, banjir ini meliputi wilayah Cileunyi Kulon meluas sampai Desa Sukamanah.

Ketika ditanya, apakah ada hubungannya dengan proyek KCIC, Kades menjawab,” ini murni karena curah hujan yang tinggi  dan luapan Sungai Citarik, jadi bukan dampak dari KCIC,” jelasnya.

Apakah ada bantuan dan langkah antisipasi dari pihak desa?,” Kita mendirikan posko bantuan dan swadaya bantuan makanan,” ucapnya.

Kades Dede menambahkan,” sampai saat ini, dari pihak dinas kabupaten belum ada, bahkan camat pun belum datang ke lokasi,” pungkasnya. (Budi)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News