HomeLintas BeritaKelas Inspirasi Bagi Guru PAUD, Dorong Tenaga Pendidik Kreatif Mengajar

Kelas Inspirasi Bagi Guru PAUD, Dorong Tenaga Pendidik Kreatif Mengajar

Kelas Inspirasi Bagi Guru PAUD, Dorong Tenaga Pendidik Kreatif Mengajar

JayantaraNews.com, Lampung

Kelas inspirasi bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendorong para tenaga pendidik kreatif mengajar.

Plt Bunda PAUD Kabupaten Lamsel Winarni Nanang Ermanto menyebut, kelas inspiratif menjadi kesempatan bagi guru PAUD memiliki motivasi, inspirasi bagi anak-anak usia dini. 

Kegiatan kelas inspirasi yang digelar bagi ratusan guru PAUD ini, diharapkan dapat memberi pemahaman bagi guru untuk meningkatkan pelayanan. Sebab, guru PAUD memiliki peranan dalam menyiapkan anak usia dini sebelum masuk ke jenjang sekolah dasar. Kreatifitas para guru PAUD yang terus ditingkatkan melalui cara pengajaran kreatif salah satunya mendongeng.

Winarni Nanang Ermanto menambahkan, kelas inspiratif bagi guru PAUD di Lamsel digelar untuk tujuan jangka panjang. Tujuan kelas inspiratif bagi pendidikan PAUD yang berkualitas, kreatif, inovatif dalam mendesain kegiatan pembelajaran yang bermutu. Tujuan yang ingin dicapai, menurutnya mewujudkan generasi emas tahun 2045. 

” Dibutuhkan strategi yang tepat dan dinamis menyesuaikan perkembangan zaman untuk mendukung kualitas penyelenggaraan pendidikan yang dinamis dan mengedepankan hak dan pemenuhan kebutuhan anak,” terang Winarni Nanang Ermanto, saat kegiatan kelas inspiratif guru PAUD di terminal eksekutif Anjungan Agung Bakauheni, Selasa (10/3/2020)

Kegiatan kelas inspirasi, imbuh Winarni Nanang Ermanto, menjadi kesempatan untuk memajukan PAUD. Sebagai upaya tersebut, Pemkab Lamsel melalui Dinas Pendidikan telah menaikan anggaran bagi insentif guru PAUD. Sesuai data di wilayah Lamsel, terdapat sebanyak 2547 guru PAUD dengan sebanyak 1877 guru PAUD mendapat insentif sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Kelas inspirasi yang digelar Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD Lamsel, diharapkan memiliki tujuan positif. Sebab kegiatan tersebut melibatkan tenaga pendidik PAUD, melibatkan peran serta orangtua wali untuk mengarahkan putra putrinya memiliki karakter, budi pekerti luhur, sopan santun dan disiplin. Selain motivasi anak-anak akan dilatih untuk bangga dan percaya diri.

” Guru PAUD akan mendapat inspirasi dari sejumlah pemateri, diantaranya pendongeng dari komunitas dakocan,” terang Winarni Nanang Ermanto.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lamsel Thomas Amirico menyebut, kelas inspirasi bertujuan memotivasi guru meningkatkan mutu pengajaran. Sebagai langkah konkret, Disdik memprogramkan sejumlah aspek. Aspek yang akan ditingkatkan meliputi perbaikan infrastruktur pendidikan, peningkatan kinerja, peningkatan metode pembelajaran dan membangun koordinasi dengan perangkat desa.

” Selain peningkatan kapasitas guru PAUD, upaya peningkatan insentif juga menjadi perhatian bagi Disdik Lamsel,” tegas Thomas Amirico.

Iin Mutmainah, selaku Direktur Kreatif Komunitas Dakocan Lampung menyebut, kreatifitas guru PAUD sangat diperlukan. Kemampuan mendongeng menjadi sarana untuk mewujudkan guru PAUD yang kreatif, berkualitas dan berkarakter. Sebagai pendongeng, para guru PAUD harus bisa menyampaikan sejumlah nilai moral melalui sejumlah dongeng. 

” Mendongeng butuh keahlian khusus agar anak didik tidak bosan, sehingga perlu kreativitas khusus,” beber Iin Mutmainah. (Jupri)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News