HomeLintas BeritaIkhtiar Meluasnya Covid-19, DPRD Sumbawa Akan Turun Ke Lapangan

Ikhtiar Meluasnya Covid-19, DPRD Sumbawa Akan Turun Ke Lapangan

Ikhtiar Meluasnya Covid-19, DPRD Sumbawa Akan Turun Ke Lapangan

JayantaraNews.com, Sumbawa 

Berbagai upaya dalam mencegah meluasnya wabah Covid-19 dari hari ke hari, khususnya di Kabupaten Sumbawa, membuat legislator parlemen DPRD Sumbawa secara terus menerus ikhtiar melakukan upaya pencegahan kepada masyarakat. Oleh karena itu, Pimpinan dan Anggota DPRD menggelar rapat pimpinan, Senin (6/4), di ruang rapat utama pimpinan.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut; Ketua DPRD Sumbawa A Rafik, SH, Wakil Ketua Syamsul Fikri AR, S.Ag, M.Si dan Nanang Nasirudin, serta para Pimpinan Komisi dan Fraksi DPRD Sumbawa.

Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq menyampaikan, bahwa pertemuan saat ini adalah bentuk serius sikap DPRD Sumbawa menghadapi persoalan Covid-19. Kita pun turun langsung ke lapangan untuk mengetahui kondisi di lapangan.

Dikatakan Rafiq, bahwa pengawasan pada beberapa zona, yakni; barat, timur, selatan, dan tengah, harus mengetahui sejauh mana gugus dan tim tingkat kecamatan hingga desa menangani persoalan ini supaya dapat disikapi dengan gerak cepat, ujarnya.

” Ini tugas kita semua dan beresiko besar, kita semua sudah turun dan bergerak secara bersama-sama. Rapat ini menjadi rekomendasi lembaga parlemen supaya ada kesepakatan untuk terjun bersama dengan pembagian wilayah atau zona,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Ketua II DPRD Sumbawa Syamsul Fikri AR, S.Ag, M.Si mengatakan, bahwa pertemuan ini harus segera direalisasikan ke tengah masyarakat. Menurutnya, apa yang akan dilakukan oleh wakil rakyat, seperti pemantauan pada beberapa wilayah dan posko yang dibagi menjadi beberapa tim terhadap beberapa zona.

” Kegiatan ini merupakan kunjungan dalam daerah, termasuk kelengkapan APD yang digunakan turun lapangan,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua III DPRD Sumbawa Nanang Nassirudin, S.AP yang mengatakan, sebelumnya pergerakan DPRD Sumbawa dalam menghadapi wabah Covid-19 sudah dilakukan secara personal. Untuk itu, harus dipersiapkan sejumlah keperluan sebelum turun lapangan serta kesiapan dan keseriusan secara kelembagaan, bersama-sama berada di tengah masyarakat untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya.

Kendati demikian, Ketua Komisi IV, H Ismail Mustaram, SH, MH menegaskan, Komisi IV berencana besok (Selasa, 7/4) akan turun ke Dapil III, khususnya Puskesmas untuk melihat sejauh mana upaya yang dilakukan oleh tenaga medis dalam penanganan wabah ini, termasuk meninjau posko pengawasan di wilayah barat.

Oleh sebab itu, apa yang menjadi kendala di lapangan oleh tim kecamatan, yakni keterbatasannya APD dalam melakukan pengecekan kendaraan dan penumpang kendaraan. Termasuk anggaran makan minum setiap hari, tim pagi dan tim sore, karena selama ini masih swadaya. Pasalnya, persoalan ini harus secepatnya disikapi, pintu masuk harus disterilkan, percuma membuang anggaran besar jika pintu keluar masuk bocor, tegasnya.

” Alhamdulillah, wilayah dapil IV masih tergolong aman, mudah-mudahan tidak ada yang terjangkit. Intinya APD harus ada,” pinta Politisi PPP tersebut.

Sedangkan Politisi PAN H Mustajabuddin, S.Sos mengatakan, terkait dana yang dialokasi dari dewan untuk penanganan Covid-19 harus secepatnya dialokasikan dan salah satunya untuk pengadaan APD. 

Menurutnya, anggota dewan wajib turun ke masing-masing desa untuk melihat langsung kondisi masyarakat di tengah wabah ini, katanya.

Gahtan Hanu Cakita dari Fraksi Partai Golkar menegaskan, masalah Virus Corona bukan persoalan yang main-main, karena berhadapan dengan sesuatu yang tidak terlihat. Kata Politisi Holkar tersebut, pengawasan “Jaga Lawang” sangat tepat.

Ia meminta kepada legislatif untuk serius menyikapi persoalan ini. Bahkan meminta kepada pimpinan untuk membuat pernyataan resmi secara kelembagaan, tegas A’an sapaan akrabnya Politisi Golkar itu.

Menyikapi hal tersebut, Politisi Gerindra Muhammad Faisal, S.AP mengatakan, bahwa kondisi seluruh zona harus diketahui secara bersama. Tentunya dengan kesiapan yang lengkap terlebih APD masing-masing anggota dewan yang turun ke tengah masyarakat.

Oleh karena itu, kesiapan dan langkah kita harus matang termasuk alokasi anggaran sehingga dampak penanganan Virus Corona dapat disikapi secara tepat di masing-masing wilayah, ucapnya.

Pertemuan tersebut, sepakat dalam waktu dekat turun lapangan dengan kelengkapan APD ke masing-masing zona di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa. (Dhy JN)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News