HomeLintas BeritaBupati Pangandaran: Pemda Akan Alokasikan Anggaran Untuk Asuransi Penderes Kelapa

Bupati Pangandaran: Pemda Akan Alokasikan Anggaran Untuk Asuransi Penderes Kelapa

Bupati Pangandaran: Pemda Akan Alokasikan Anggaran Untuk Asuransi Penderes Kelapa

JayantaraNews.com, Pangandaran

Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu penghasil gula kelapa dengan kualitas super dan ada puluhan ribu warga yang bekerja menjadi penderes atau penyadap nira kelapa.

Setiap hari mereka naik turun pohon kelapa untuk mengambil sadapan kemudian mengolahnya menjadi gula kelapa. Pekerjaan dengan resiko kecelakaan cukup tinggi.

Aktivitas naik turun pohon kelapa yang cukup tinggi itu tak jarang menimbulkan kecelakaan bahkan sampai kehilangan nyawa akibat terjatuh dari pohon kelapa.

“Kemarin sempat kunjungan ke Kecamatan Cimerak yang merupakan wilayah sentra penghasil gula kelapa. Saya mendengar ada harapan yang disuarakan oleh para penderes nira kelapa, salah satunya mengenai jaminan keselamatan kerja. Akhirnya saya terpikirkan untuk memberikan asuransi keselamatan kerja bagi mereka,” ujar Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, pada Rabu 8 Juli 2020.

Jeje mengatakan, jika nelayan saja bisa mendapatkan asuransi, maka penderes kelapa pun bisa. “Pada APBD Perubahan 2020 ini akan kami alokasikan anggaran untuk asuransi penderes kelapa. Minimal tahun ini untuk wilayah sentra penghasil seperti Kecamatan Cimerak,” ucapnya.

Dengan program itu diharapkan para perajin gula kelapa di Pangandaran memiliki jaminan keselamatan kerja. Sehingga jika terjadi hal yang tak diinginkan mereka bisa mendapatkan santunan yang layak.

Dia memiliki hitungan kasar jika premi asuransi Rp 100 ribu dan jumlah perajin kelapa ada 20 ribu orang, butuh anggaran sekitar Rp. 2 miliar.

“Jumlah yang wajar untuk sebuah bantuan bagi salah satu sektor penopang perekonomian masyarakat Pangandaran,” jelasnya.

Menurut Jeje, kegiatan usaha gula kelapa menjadi salah satu sektor penopang perekonomian masyarakat yang tahan banting. Terbukti saat pandemi COVID-19 pun, aktivitas usaha gula kelapa tak terpengaruh.

“Gula kelapa Pangandaran selama ini dikenal memiliki kualitas baik. Hasil produksinya disalurkan kepada beberapa pabrik kecap besar,” pungkasnya. (Nana S)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News