HomeLintas BeritaPjs Kades Tinjul Resmi Buka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Desa

Pjs Kades Tinjul Resmi Buka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Desa

Pjs Kades Tinjul Resmi Buka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Desa

JayantaraNews.com, Lingga – Kepri

Pjs Kades Tinjul, Kec. Singkep Barat, Kab. Lingga, Provinsi Kepri, Herman, resmi membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat desa di Sanggar Seni Kemilau Senje, Jumat,(15/1/2021).

Acara pembukaan diawali dengan bacaan ayat-ayat suci Al-Quran, yang dilantunkan oleh Ferdi Fernando. Yang kemudian dilanjut dengan tarian persembahan sekapur sirih oleh Group Sanggar Seni Kemilau Senje.

Pada kesempatan tersebut, Pjs Herman menyampaikan apresiasi dan berterima kasih, terkhusus kepada Ustadz Ahmad Sahpuan dan kepada seluruh pengurus STQ Desa Tinjul, serta panitia yang sudah melaksanakan kegiatan STQ tersebut, dimana bahwa dengan waktu yang singkat, namun STQ ini dapat dilaksanakan.

“Untuk itu, kami dari pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia. Mudah-mudahan kegiatan yang kita laksanakan ini bisa berbuah amal ibadah dan berkah dari Allah SWT,” ucap Herman.

Lebih lanjut Pjs Kades juga mengutarakan, bahwa seleksi STQ ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh STQ Desa Tinjul, Kec. Singkep Barat. “Diharapkan, STQ ini nantinya bisa menyusun program riil yang bisa dilaksanakan, di antaranya adalah rutinitas kegiatan STQ dan program-program lainnya,” pintanya.

Dengan demikian sangat diharapkan, bahwa untuk setiap ada kegiatan lainnya agar STQ Desa Tinjul bisa berkembang dan meningkat. “Hal tersebut untuk memberikan motivasi kepada anak-anak atau peserta yang akan mengikuti kegiatan,” timpalnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Movi Silawadi juga memaparkan, bahwa kegiatan STQ ke-V ini, para peserta mengikuti tiga cabang lomba, yaitu; Tahfiz juz 5 sebanyak 5 peserta, Tahfiz juz 1 sebanyak 11 peserta, Tartil sebanyak 27 peserta, Tilawah anak-anak sebanyak 27 peserta,
Tilawah remaja sebanyak 9 peserta, Tilawah dewasa sebanyak 6 peserta, Tahfiz anak-anak paud sebanyak 11 peserta. Sedangkan untuk  
Tahfiz anak SD kelas 1 dan 2 sebanyak 16 peserta. Adapun, peserta yang mengikuti kegiatan STQ ke-V tahun 2021 terjumlah 112 peserta, anak-anak putra dan putri. “Dan dalam kegiatan ini, kita diwajibkan mengikuti anjuran protokol kesehatan,” ujarnya.

Dikatakan Pjs Kades Herman, “Maksud dan tujuan dari kegiatan ini, yakni untuk menumbuhkan kesadaran dalam mengembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al Quran. Sedangkan tujuan dari STQ ini adalah merupakan seleksi di tingkat desa hingga ke kecamatan, yang nantinya akan diikutsertakan pada seleksi ke tingkat kabupaten. Kegiatan dilaksanakan selama 6 hari, dimulai pembukaan pada Jumat tanggal 15 hingga Rabu tanggal 20 Januari 2021selesai. Kegiatan berlokasi di ruangan terbuka Sanggar Seni Kemilau Senje, Desa Tinjul,” terang Herman. (Mhmd) 

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News