HomeLintas BeritaPemkab Pasaman Barat Gelar Vaksinasi Covid-19 bagi Pelajar SMP, SMA, SMK

Pemkab Pasaman Barat Gelar Vaksinasi Covid-19 bagi Pelajar SMP, SMA, SMK

Pemkab Pasaman Barat Gelar Vaksinasi Covid-19 bagi Pelajar SMP, SMA, SMK

JAYANTARANEWS.COM, Pasbar

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat menggelar Gebyar Vaksinasi Covid-19 bagi pelajar SMP, SMA, SMK. Kegiatan itu merupakan launching perdana vaksinasi pelajar di Sumatera Barat yang dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Audy Joinaldy secara virtual, diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di daerah Sumbar, Selasa, 14 September 2021.

Gebyar vaksinasi pelajar di Pasaman Barat itu dihadiri oleh Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, Kepala Dinas Kesehatan Jon Hardi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pramana Yose, para guru, siswa, serta stakeholder lainnya.

“Gebyar vaksin pelajar ini sangat perlu bagi seluruh pelajar SMP, SMA, SMK, karena vaksinasi merupakan salah satu langkah menuju hidup sehat,” kata Wabup Risnawanto.

Untuk itu, katanya, diperlukan keikutsertaan pelajar dalam vaksinasi untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Apalagi proses belajar mengajar sudah dilakukan secara tatap muka di Pasaman Barat.

“Jika ingin pintar, maka kita harus sehat. Dengan banyaknya kasus Covid-19 belakangan ini, untuk mencegah hal itu perlu dilakukan vaksinasi,” ujar Risnawanto.

Ia menjelaskan, bahwa presentasi vaksin di Pasbar sudah mencapai 70% dan akan terus ditingkatkan. Dalam meningkatkan hal tersebut, pemerintah akan melakukan kerja sama dengan seluruh Puskesmas dan sekolah yang ada di Pasbar untuk tahap vaksinasi berikutnya.

“Pemerintah akan melakukan sosialisasi dan himbauan kembali kepada masyarakat mengenai efek samping dari vaksin ini, agar nantinya tidak menimbulkan kekhawatiran yang berlebih bagi masyarakat, khususnya orangtua pelajar,” ungkap Risnawanto.

Ia berharap adanya kerja sama dan dorongan dari semua pihak untuk mempercepat capaian vaksinasi. Sehingga target vaksinasi kepada masyarakat maupun pelajar dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan pemerintah daerah maupun pusat.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Jon Hardi mengatakan, bahwa pada peluncuran vaksinasi perdana bagi pelajar ini diberikan kepada 100 orang pelajar di tingkat SMP-SMA/SMK di Pasbar.

“Sekolah yang mengikuti vaksinasi hari ini, yaitu SMPN 1 Pasaman, MTsN Simpang Empat, SMAN 1 Pasaman, dan SMKN 1 Pasaman. Dan akan ada vaksinasi tahap selanjutnya yang dilakukan di seluruh sekolah di Pasaman Barat,” jelas Jon Hardi.

Jon juga menjelaskan, bahwa vaksinasi dilakukan sesuai anjuran pemerintah pusat. Vaksin bagi pelajar hanya diperbolehkan dari umur 12 tahun. “Artinya tidak dianjurkan bagi pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) melakukan vaksinasi,” ucapnya.

“Pada peluncuran ini sudah dilakukan vaksinasi kepada pelajar tingkat SMP-SMA sebanyak 100 orang pertama. Nantinya akan ada tahap selanjutnya yang akan dilaunching secara internal,” tutup Jon Hardi di Pasbar. (Jun)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News