HomeLintas BeritaDuet Wali Kota & Wakil Wali Kota Banjar Atasi Masalah Sampah: Siap...

Duet Wali Kota & Wakil Wali Kota Banjar Atasi Masalah Sampah: Siap Ngabret & Ubah Perilaku

Duet Wali Kota & Wakil Wali Kota Banjar Atasi Masalah Sampah: Siap Ngabret & Ubah Perilaku

JAYANTARANEWS.COM, Jawa Barat

Membalas kunjungan rombongan DPP Gerakan Hejo dan HejoTekno sebagai inventor dan inovator incinerator ramah lingkungan StungtaXPindad ke Kota Banjar pada 15 Septemter 2021 lalu, kembali pada Kamis, 7 Oktober 2021 rombongan Pemkot Banjar dipimpin duet Wali Kota Hj. Ade Uu Sukaesih dan Wakil Wali Kota H. Nana Suryana berkunjung ke TPS (Tempat Pemungutan Sampah) 3R (Reuse, reduce, recycling) di Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan, Cimahi.

“Ini gayung bersambut, sudah lama timbulan sampah di Kota Banjar sekitar 80-an ton/hari. Sekitar 40%-nya itu diakui belum terkelola dengan baik. Kunjungan ke TPS Melong, semakin membuka jalan untuk penuntasan sampah,” ujar Ade Uu Sukaesih yang diamini Nana Suryana serta Sekda Kota Banjar Ade Setiana, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar Sri Sobariah.

Masih di hari yang sama, Ade Uu Sukaesih usai berkunjung ke TPS 3 R di Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan, yakni di ‘Rumah Kolaborasi Hejotekno’ di Bizpark Hegar Kav. No.04 Jl. Terusan H. Alpi No. 103 Bandung Kulon: “Makin bulat tekad kami, ngabret dan gaspol beberapa TPS di Kota Banjar akan difasilitasi incinerator StungtaXPindad. Hari ini, melalui pengalaman langsung bisa melihat dan merasakan inovasi pengolahan sampah yang sampah lingkungan,” terangnya dengan menambahkan –“Masih ada PR, merubah perilaku kita menyangkut perlakuan terhadap sampah. Harus dipilah sejak dari rumah seperti warga Melong tadi, yakin kita bisa, apalagi ini tanpa menggunakan APBN maupun APBD.”

Masih di ‘Rumah Kolaborasi Hejotekno’ Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo dan rekan sejawatnya Betha Kurniawan CEO Hejotekno merasa optimis Kota Banjar dalam waktu dekat siap menerapkan program KaMiSama (Kawasan Minimasi Sampah Mandiri) yang menempatkan salah satu elemen-nya incinerator StungtaXPindad.

Seusai Ade Uu Sukaesih meninggalkan ‘Rumah Kolaborasi Hejoteno’, Nana Suryana langsung memimpin rapat untuk percepatan aplikasi ‘KaMiSaMa’ di Kota Banjar:
”Sesuai prinsip Ibu Wali Kota, apabila dirasa cukup informasi dan banyak kebaikan dari program KaMiSaMa, mengapa tidak dalam waktu dekat segera kedua belah pihak, langsung terjun ke lapangan, menuntaskan persoalan sampah di Kota Banjar.” (Harri Safiari)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News