KaKan Kemenag Tanah Datar Buka Bimas Islam 2021: Sosialisasi Regulasi KUA, Tingkatkan Kualitas SDM & Kompetensi ASN

JAYANTARANEWS.COM, Tanah Datar

Dalam rangka sosialisasi regulasi
kelembagaan Kantor Urusan Agama (KUA), juga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kompetensi ASN (Taskom), belum lama ini Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kab. Tanah Datar membuka Bimas Islam tahun 2021. Pada kesempatan tersebut, Kakan Kemenag Kab. Tanah Datar, Sumbar H. Syahrul didampingi Kasi Bimas H. Alinardius di aula Kantor Wali Nagari Lima Kaum, Selasa (12/10) lalu. Acara digelar dengan mengikuti protokol kesehatan (Prokes).

Dalam arahannya, Kakan Kemenag meminta agar setiap Ka KUA dan Penghulu kecamatan di Kab. Tanah Datar, harus mampu melakukan
perubahan dalam rangka peningkatan kualitas SDM dan Kompetensi ASN dengan cara menciptakan inovasi.

Seterusnya, Ia juga mengingatkan, agar setiap inovasi yang dilakukan ASN Kemenag itu harus mengacu kepada regulasi yang ada. “KUA dan Penghulu harus paham dengan aturan dan regulasi, terutama terkait dengan tugas-tugas yang dilakukan. Sehubungan dengan instruksi Gubernur Sumbar tentang Vaksinasi Covid-19,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kakan Kemenag memotivasi para peserta sosialisasi untuk segera mengikuti Vaksin Covid-19. Dikatakannya, “Ka KUA kecamatan se-Kab. Tanah Datar dapat mendukung dan
melaksanakan program pemerintah tersebut dalam memutus mata rantai Covid-19, khususnya di Kab. Tanah Datar dan mensosialisasikannya di jajaran KUA kecamatan,” ujar H. Syahrul.

Dari laporan Ketua Pelaksana Kegiatan Sosialisasi Regulasi Kelembagaan KUA
(H. Alinardius) menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan memanfaatkan dana Dipa Seksi Bimas Islam Kemenag Tanah Datar tahun 2021.

Peserta sosialisasi itu diikuti sebanyak 23 orang, terdiri dari 14 orang Ka KUA dan 9 orang Penghulu kecamatan se-Kab. Tanah Datar.

Bertindak sebagai narasumber pada aktivitas yang berlangsung satu hari penuh itu, adalah H. Syahrul Kakan Kemenag Tanah Datar dengan judul materi : Regulasi Kelembagaan KUA sebagai Sandaran Kinerja Operasional di KUA. (RA)

0Shares