Peringati Hari Aids se-Dunia, Rutan Depok Gelar Skrining TB-HIV kepada WBP

JAYANTARANEWS.COM, Depok

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) Kota Depok selama menjalani masa hukumannya tak hanya mendapat binaan kesehatan saja, namun kondisi mental WBP juga merupakan tanggung jawab petugas pemasyarakatan.

Dalam rangka menyambut hari AIDS se-dunia, Rutan Kelas I Depok bersama Tim Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan kegiatan Skrining TB-HIV kepada WBP, di Pendopo Blok Hunian Rutan Kelas I Depok, Senin (29/11/2021) pagi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Plt. Kepala Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat, Pejabat Struktural dan pegawai. Kegiatan berlangsung mematuhi protokol kesehatan.

Adapun peserta kegiatan Skrining TB-HIV ini diikuti oleh 300 WBP dengan didampingi 20 Petugas Tim Penanggulangan Penyakit dari Dinas Kesehatan Kota Depok, ditambah 2 Tim Kesehatan dari Klinik Rutan Kelas I Depok.

Selain itu, kegiatan Skrining TB-HIV ini juga diisi dengan berbagai pemeriksaan lainnya, yakni pemeriksaan penyakit tidak menular serta dilakukan pemberian Vaksin Covid-19 bagi beberapa WBP yang belum divaksinasi.

Dalam arahannya di depan para WBP, Plt. Kepala Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat menyampaikan, “Dengan moment peringatan hari Aids se-dunia ini, jangan pernah takut untuk melakukan pemeriksaan untuk kesehatan diri kita,” katanya.

Dengan kegiatan Skrining TB-HIV, pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan serta kerja sama Tim Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Depok. “Untuk itu, mari kita terapkan pola hidup sehat, karena hidup sehat itu dimulai dari diri kita sendiri,” ajakya.

Dengan adanya kegiatan skrining ini, diharapkan WBP dapat terus menjaga serta benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan serta tetap menerapkan pola hidup sehat dalam melakukan aktivitas. Karena penularan dan pencegahan bisa dimulai dari diri kita sendiri. Lebih baik mencegah dari pada harus mengobati, tutupnya. (Yuni)

0Shares