HomeLintas BeritaKang Hale dari FK-TANI Menyoal Arteria Dahlan yang Singgung Bahasa Sunda: Menyakitkan…!

Kang Hale dari FK-TANI Menyoal Arteria Dahlan yang Singgung Bahasa Sunda: Menyakitkan…!

Kang Hale dari FK-TANI Menyoal Arteria Dahlan yang Singgung Bahasa Sunda: Menyakitkan…!

JAYANTARANEWS.COM, Kota Bandung

Hebohnya Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan yang meminta Jaksa Agung, ST. Burhanuddin mengganti seorang Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) yang dalam kegiatan rapat menggunakan bahasa Sunda, menurut fungsionaris DPP FK-TANI (Forum Komunikasi Tani & Nelayan Indonesia) pada Rabu, 19 Januari 2022:

“Ini sangat dalam menyinggung eksistensi budaya dan bahasa Sunda. Herannya, yang menyatakannya itu bukan orang sembarangan pula. Kami sesalkan atas kritik yag tak proporsional ini. Perkara menyakitkan ini perlu ditindaklanjuti secara hukum,” ujar Ketua Umum FK-TANI, H. Lenny Sukarni yang akrab disapa Kang Hale yang sejak masa mudanya aktif di berbagai organisasi kepemudaan di Jawa Barat.

Masih di Sekretariat DPP FK-TANI yang kini lokasinya kerap dikunjungi para pegiat di bidang pertanian dan kenelayanan di negeri ini, Dadan Dadan Syarifudin, selaku salah satu fungsionaris DPP FK-TANI yang membidangi Kenelayanan, menyatakan, bahwa Arteria Dahlan telah melanggar konstitusi negara, pasal 32 ayat (1) & (2) UUD 1945,” seharusnya anggota parlemen lebih dalam memahami makna budaya.”

Lebih jauh menurut Dadan yang sebelum bergiat di DPP FK-TANI dikenal sebagai Ketua LBH Galuh Pakuan Subang, aktivis di beberapa koperasi di Jawa Barat, dan termasuk Relawan Mongor Nyelap:

”Ini sih sudah mengarah ke penghasutan dan provokasi, dan ucapannya sudah kental berunsur rasis.”

Sementara itu, Wakil Bendahara DPP FK-TANI, Deni Tudrahayu yang akrab disapa Kang Ozenk ‘Percussion’ turut angkat bicara: ”Menyesalkan terlontarnya kata-kata ‘rasis’ dari seorang anggota legislatif di negeri ini. Intinya, kasus ini harus ditindaklanjuti secara hukum, agar menjadi pembelajaran bagi bangsa ini yang sejak lama ber-Bhinneka Tunggal Ika.” (Harri Safiari)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News