Seleksi Penjaringan & Penyaringan Perangkat Desa Lawira II Berpolemik, Seperti Apa Faktanya:

JAYANTARANEWS.COM, Nias Utara

Dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan, Desa Lawira II, Kec. Lotu, Kab. Nias Utara mengadakan seleksi penjaringan dan penyaringan perangkat desa tahun 2022.

Maksud dan tujuan kegiatan ini, yaitu guna meningkatkan efisiensi pelayanan kepada masyarakat desa, serta memberdayakan kinerja pemerintah desa dalam mengemban kewajiban sebagai penyelenggara dan penanggung jawab di bidang pemerintahan.

Mengingat adanya kekosongan salah satu jabatan di Desa Lawira II, Kec. Lotu, Kab. Nias Utara, maka kita membentuk Tim Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa Lawira II. “Hal ini dilakukan dalam rangka tahapan seleksi  pemberkasan,” ujar Sadari Nazara, selaku Kepala Desa Lawira II, saat dikonfirmasi JayantaraNews.com di ruamg kerjanya, Jumat (21/1/22).

Hal itu, sudah kita serahkan sepenuhnya kepada panitia penjaringan dan penyaringan perangkat desa, khususnya Desa Lawira II Kec. Lotu Kab. Nias Utara. “Untuk lebih jelasnya, silahkan bapak konfirmasi langsung kepada tim penjaringan dan penyaringan perangkat desa,” ungkap Kades Sadari Nazara.

Di tempat berbeda, Sozawato Nazara, sebagai Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa Lawira II, melalui telepon selulernya mengatakan, “Benar, di Desa Lawira II, Kec. Lotu telah kita buka dan bentuk tim penjaringan dan penyaringan perangkat desa. Maka dari itu, Tim membuka pedaftaran seleksi pemberkasan, mulai dari tanggal 30 Desember 2021 – 18 Januari 2022. Namun hingga batas waktu yang ditentukan, masih ada satu orang yang telah menyampaikan berkasnya, yakni a.n. Suterman Nazara,” ucapnya.

Masih kata Sozawato, kita juga sebagai Tim berupaya untuk melakukan perpanjangan waktu penerimaan peserta penjaringan dan penyaringan perangkat Desa Lawira II, imbuhnya.

Ia menambahkan, bahwa Suterman Nazara ini sebelumnya telah dipecat secara tidak hormat dari jabatan Kasi Kesra  pada tahun 2021, sesuai bunyi LHP dari inspektorat, bebernya.

Demikian pun Ketua BPD Lawira II yang turut angkat suara. “Terkait pemberhentian dan ikut kembali mendaftar sebagai peserta penjaringan dan penyaringan perangkat Desa Lawira II a.n. Sutermana Nazara, yang sebelumnya sebagai Kepala Seksi Kesejahteraan (Kasi Kesra) di Desa Lawira II, bahwa benar telah diberhentikan oleh Kepala Desa Lawira II, sesuai LHP inspektorat tahun 2021 kemarin. “Dan dasar pemecatan Suterma Nazara, sepengatahuan saya sebagai Ketua BPD Lawira II, karena dia tidak dapat menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawabnya sebagai perangkat desa di bagian Kasi Kesra. Termasuk penyampaian laporan pertanggungjawaban dalam pembangunan fisik kandang babi dan sumur bor di Dusun 1, 2 dan 3 Desa Lawira II, dimana pelaksanaannya tidak sesuai dengan gambar dan RAB. Nah, pada laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari inspektorat menyatakan, bahwa prosedur pemberhentian yang dilaksanakan oleh Kepala Desa Lawira II kepada Suterman Nazara sudah memenuhi prosedur,” jelasnya.

“Dengan ikutnya kembali sebagai peserta seleksi penjaringan dan penyaringan perangkat desa, saya sebagai Ketua BPD Lawira II tidak setuju, apabila Suterman Nazara ikut dalam seleksi. Apalagi diangkat kembali sebagai Perangkat Desa Lawira II. Karena yang bersangkutan sudah pernah diberhentikan secara tidak hormat oleh Kepala Desa Lawira II, berdasarkan kinerjanya yang tidak bisa dipertanggungjawabkan di tahun-tahun sebelumnya,” bebernya.

“Karena perilaku dan ulahnya sebagai Kasi Kesra Desa Lawira II di tahun 2021, hingga saat ini kami tidak menerima dana desa (DD),” pungkas Ketua BPD. (NZ)

0Shares