JAYANTARANEWS.COM, Pangandaran

Seorang ibu rumah tangga kembali menjadi korban penipuan puluhan juta rupiah berkedok “Giveaway” yang mengatasnamakan artis ternama sekaligus youtuber Indonesia Baim Wong, yakni dengan memperdaya korbannya mendapatkan hadiah tanpa diundi melakukan transaksi lewat ATM.

Korban bernama Ani Suryani (30), warga Dusun Nagrak RT/RW 05/03 Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, mengaku baru sadar setelah mentransfer sejumlah uang Rp.27 juta ke nomor rekening yang sudah ditentukan oleh atas nama bagian administrasi aktor Baim Wong dari ATM BRI Link.

Kejadian bermula saat malam hari pukul 22.00 WIB, Jumat (13/5/2022) dalam percakapannya melalui aplikasi WhatsApp. Diketahui, Ani mendapatkan giveaway tanpa diundi sebesar Rp.5 juta yang akan segera dicairkan melalui transfer ATM, karena Ani telah mem-follow akun tiktok artis Baim Wong tersebut.

Tak lama kemudian, pada pukul 15.00 WIB, Ani ditelepon lagi, bahwasannya untuk segera mengecek uang yang akan ditransfer oleh pihak para pelaku.

Berhubung ATM Ani saldonya hanya ada Rp.300 ribu lebih, pelaku lantas mengarahkan Ani untuk datang ke BRI Link terdekat untuk menerima hadiah sebesar Rp.5 juta tersebut.

Ani pun datang ke BRI Link terdekat, yaitu milik Ibu Enok, yang biasa dipakai untuk pencairan PKH/BPNT.

“Pada saat itu saya dan Ibu Enok seolah-olah dihipnotis, sehingga pelaku memandu dari awal, sampai akhirnya tak terasa apabila dijumlahkan sekitar Rp.27 juta dengan 6 kali transaksi, uang Ibu Enok yang ada di ATM habis terkuras, Sabtu (14/5/2022).

Dalam peristiwa yang menimpa dirinya, Ani pun sudah melaporkan kejadian tersebut ke jalur hukum, yaitu Polres Kabupaten Pangandaran. “Dengan harapan, mudah-mudahan pelakunya cepat tertangkap dan uangnya bisa dikembalikan. Soalnya itu uang milik agen BRI Link, bukan uang saya,” keluhnya.

“Tujuan melaporkan ke pihak berwajib, sebagai bentuk kepedulian, yakni dengan berusaha sekemampuan saya. Hasil dan tidaknya bukan kewenangan saya, yang penting berusaha,” ujarnya.

“Saya jadi kalut, karena saya adalah korban penipuan, dimana saya dituntut oleh yang punya BRI Link untuk bertanggung jawab mengembalikan uang yang raib di ATM nya. Sedangkan saya uang dari mana, segitu besarnya yang harus dikembalikan. Dikira mau dapat untung, eeh malah buntung,” ucap Ani.

“Yaa mudah-mudahan saya bisa tabah, dan ada solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah ini. Saya pasrah saja, mungkin itu kehendak Yang Maha Kuasa,” tutur Ani. (Nung)

0Shares