JAYANTARANEWS.COM, Kab. Bandung

Pemerintah Desa Ciluluk, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, menggelar pelatihan tanggap bencana bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi terjadinya bencana banjir di wilayahnya.

Pelatihan tanggap bencana yang secara resmi dibuka oleh Ibu Bupati Hj. Ema Dety Dadang Supriatna itu, diharapkan, agar masyarakat dalam penanganan bencana, baik banjir, gempa, longsor dan yang lainnya, mampu berpartisipasi dalam mengevakuasi korban bencana, sekaligus mencari solusi, agar bencana yang terjadi dapat diantisipasi. Pelatihan darurat tanggap bencana tersebut dilaksanakan di GOR Desa Ciluluk, Kecamatan Cikancung, Rabu (18/5).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, di antaranya; Camat Cikancung, jajaran BPBD Kabupaten Bandung, berikut masyarakat setempat yang mengikuti kegiatan pelatihan selama 4 hari kedepan.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Bupati Bandung berharap, agar partisipasi masyarakat dalam menjaga alam terus ditingkatkan, supaya tidak terjadi bencana banjir dan longsor. “Maka dari itu, masyarakat harus bahu membahu mencegah terjadinya bencana banjir maupun longsor,” tegasnya.

Apalagi, kata dia, wilayah Kecamatan Cikancung, salah satunya Desa Ciluluk ini, setiap musim penghujan hampir selalu terjadi banjir. “Dengan demikian, masyarakat yang telah mengikuti pelatihan diharapkan mampu mencegah bencana dan siap mengevakuasi warga bila banjir atau longsor melanda,” ujar Ibu Bupati Bandung.

Sementara itu, Kades Ciluluk (Syahroni), saat dimintai keterangannya mengatakan, “Saya sangat mendukung sekali dengan pelatihan tanggap darurat bencana ini. Karena untuk Desa Ciluluk, selain rawan banjir juga rawan longsor. Dan diharapkan, bagi warga yang telah mengikuti pelatihan tanggap darurat bencana ini, sedikitnya mampu mengantisipasi dan mengevakuasi warga yang terkena bencana, sebelum tim dari BPBD datang ke lokasi bencana,” jelasnya. (Asep S)

0Shares