HomeLintas BeritaKuwu Tambi Indramayu: Pasangan SPAL dengan Bata Merah Sesuai RAB

Kuwu Tambi Indramayu: Pasangan SPAL dengan Bata Merah Sesuai RAB

JAYANTARANEWS.COM, Indramayu

Realisasikan Dana Desa tahap 3 TA 2022, Pemerintah Desa Tambi, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, membangun pemasangan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) warga.

Namun ada hal unik, dimana seperti pada umumnya setiap pemasangan SPAL biasanya memakai bahan material yang lebih bermutu, sehingga bisa awet dan manfaatnya pun dirasakan oleh masyarakat setempat. Sementara terpantau oleh awak media, pembangunan tersebut bukannya menggunakan batu alam, melainkan hanya memakai batu bata merah yang disusun di sepanjang pemasangan.

Hal itu dijelaskan oleh salah satu mantan kontraktor proyek yang meminta kepada awak media agar tidak disebutkan namanya. “Kalau memang kerjaan SPAL itu sesuai RAB, pakai batu bata ya bisa saja. Hanya menurut saya, kenapa tidak pakai batu alam? Apa mungkin sudah habis stok batu alamnya, sehingga menggunakan batu bata merah? Ya kan mending pakai batu alam, harganya juga tidak beda jauh dengan batu bata merah. Yang pasti, kuwu juga punya dasar dan alasan sendiri, kenapa harus batu bata merah yang dipasang,” ungkapnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terkait pelaksanaan proyek melalui nomor WhatsAppnya, Tarso, selaku Kades (Kuwu) Desa Tambi, menjelaskan, bahwa proyek SPAL tersebut dari Dana Desa ( DD) tahap 3. Adapun bata merah yang terpasang memang sesuai RAB.

“SPAL bukan TPT anggaran dari DD tahap 3, batu bata di RAB nya,” jelasnya kepada awak media.

Hanya saja, saat disenggol soal berapa anggaran dan volume pembangunan, hingga berita ini diterbitkan, Kuwu Tarso masih belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut.

Diketahui, realisasi Dana Desa (DD) di Desa Tambi yang difungsikan untuk pelaksanaan pembangunan Saluran Air Limbah (SPAL) tersebut, dengan nilai Pagu Rp106.929.380,00 (seratus enam juta sembilan ratus dua puluh sembilan ribu tiga ratus delapan puluh rupiah) dengan volume: Panjang 588 meter X Lebar 0,45 X T. 0,40 meter, dan lokasi yang tersebar. (Tim/JN)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News