HomeLintas BeritaPT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Terapkan Program Subsidi Tepat Sasaran, Gunakan...

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Terapkan Program Subsidi Tepat Sasaran, Gunakan Kode QR Sesuai Kendaraan

JAYANTARANEWS.COM, Payakumbuh, Sumbar

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut menjalankan program subsidi tepat pada sasaran dengan menggunakan kode QR secara menyeluruh untuk pembelian BBM bersubsidi di Kota Payakumbuh Sumatera Barat, pada 1 Desember 2022 mendatang.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, dalam keterangan secara tertulis pada Selasa (29/11/2022) di Padang, mengatakan, bahwa hal itu dilakukan agar pendistribusian BBM subsidi lebih termonitor, harus tepat sasaran dan tepat volumenya.

“Kami sudah melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai Program Subsidi Tepat dan uji coba penerapan program ini secara menyeluruh, yang akan dilaksanakan di Kota Payakumbuh pada 1 Desember 2022,” katanya.

Ia menyebut, konsumen bahan bakar bio solar roda empat yang telah terdaftar dalam Program Subsidi Tepat sebesar 10,3 persen dari populasi sebanyak 4.127 kendaraan roda empat di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Ia juga terus mengingatkan kepada seluruh masyarakat, bahwa saat ini pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus dibuka, ujarnya.

“Untuk konsumen perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan diunggah melalui website, yaitu foto KTP, foto diri, foto STNK (tampak depan dan belakang), foto Kendaraan tampak keseluruhan, foto kendaraan tampak depan nomor polisi dan untuk konsumen layanan umum atau non-kendaraan juga menyiapkan foto surat rekomendasi dan foto KIR kendaraan,” tuturnya.

Menurut Susanto August Satria, sebagai upaya mempermudah konsumen untuk melakukan pendaftaran, kami membuka tenda konsultasi pendaftaran di SPBU-SPBU Pertamina, sehingga masyarakat yang memiliki kendala atau kesulitan mendaftar dapat terbantu proses pendaftarannya.

“Bagi siapa yang memiliki akses internet, dapat langsung mengakses ke website subsiditepat.mypertamina.id atau melalui menu Subsidi Tepat yang tertera di aplikasi MyPertamina,” tambah dia.

Ia juga menjelaskan, masyarakat diharapkan segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website subsiditepat.mypertamina.id. Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapat Kode QR yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website tersebut.

Kode QR bisa dicetak untuk digunakan di SPBU Pertamina dan juga mekanismenya masih dikhususkan untuk kendaraan roda empat atau lebih. “Satu akun di website subsiditepat.mypertamina.id dapat mendaftarkan beberapa kendaraan, sehingga satu akun dapat memiliki beberapa Kode QR sesuai kendaraan yang didaftarkan,” ujar Susanto August Satria.

Menurut dia, ketentuan untuk pengguna yang berhak membeli BBM Subsidi telah diatur sesuai Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM di daerah daerah.

Penutup, itu juga terdapat Surat Keputusan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) No. 04/P3JBT/BPH Migas/Kom/2020 tentang Pengendalian Penyaluran JBT oleh Badan Usaha Pelaksana Penugasan Pada Konsumen Pengguna Transportasi Kendaraan Bermotor untuk Angkutan Barang dan Angkutan Orang. (ZL)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News