HomeLintas BeritaPentingnya Persatuan dalam Penanganan Bencana, JIP Cilacap Gandeng KPMP Gelar Seminar

Pentingnya Persatuan dalam Penanganan Bencana, JIP Cilacap Gandeng KPMP Gelar Seminar

0Shares

JAYANTARANEWS.COM, Cilacap

Puluhan komponen masyarakat di wilayah Kabupaten Cilacap mengikuti seminar yang digelar Jaringan Informasi Publik (JIP) Cilacap dengan menggandeng Komunitas Pemuda Merah Putih (KPMP), Kamis (1/12/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Azana Asia Hotel Cilacap tersebut, yakni dalam rangka meningkatkan persatuan antar komponen masyarakat di wilayah Kabupaten Cilacap, serta menumbuhkan semangat kebangsaan. Selain mendorong semangat untuk menolak anti radikalisme dan bersatu dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Cilacap.

Adapun komponen masyarakat Cilacap yang mengikuti seminar tersebut, terdiri dari anggota Ormas Pemuda Pancasila, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Kokam, Bagana, KNPI, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Mahasiswa UNUGHA Cilacap, tokoh agama dan lainnya.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Cilacap, KH. Ahmed Shoim El Amin dan Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Wijonardi, juga dihadirkan sebagai narasumber dalam seminar tersebut.

“Kami bersinergi dengan Jaringan Informasi Publik (JIP) Cilacap mengadakan seminar tentang persatuan kebangsaan dalam penangan bencana alam di Kabupaten Cilacap,” ungkap Ketua Komunitas Pemuda Merah Putih (KPMP) Sukoharjo, Feri Irawan.

Ia menambahkan, tujuan seminar tersebut untuk mendorong persatuan antar komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Cilacap dalam menangani bencana yang datang, dengan bersatu dan bersinergi bersama.

“Persatuan yang kami harapkan ini yaitu agar dalam menangani bencana alam bisa bersatu padu dan menepiskan segala perbedaan yang ada, mulai dari golongan agama, perbedaan Ormas dan segala macam dinamika perbedaan masyarakat,” jelasnya.

Feri menyebut, Kabupaten Cilacap terkenal dengan wisata bencana dan potensi kebencanaan di Cilacap sangatlah besar mulai dari gempa bumi, tsunami, banjir dan lainnya.

“Oleh karena itu, dengan kita bersatu, manakala datang suatu bencana di Kabupaten Cilacap, akan lebih mudah nanti untuk mengatasinya,” ujar Feri.

Sementara, Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Wijonardi, mengharapkan seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Cilacap untuk terlibat langsung dalam kesiapsiagaan bencana.

“Khususnya anggota Ormas, LSM dan lainnya, potensi mereka sangat luar biasa karena mereka orang-orang yang memiliki kesadaran suka rela dan mereka ingin aktif dalam kegiatan yang positif. Maka, nanti akan kita arahkan ke yang lebih positif dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana,” katanya.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Awaluddin Muuri, atas nama pemerintah daerah mengapresiasi kegiatan seminar dari Komunitas Pemuda Merah Putih (KPMP) dan Jaringan Informasi Publik (JIP) Cilacap.

Menurutnya, seminar tersebut sangatlah tepat untuk menghadapi isu-isu persatuan yang berkembang saat ini di Kabupaten Cilacap.

“Dimana kita harus meningkatkan persatuan sehingga Cilacap semakin kuat dan aman,” ucap Awaluddin.

Kemudian terkait dengan penanganan bencana di Cilacap, pihaknya meminta seluruh elemen masyarakat saling bahu membahu dalam penanganan bencana secara cepat dan tanggap darurat

“Sehingga nantinya bisa mengurangi resiko korban pasca bencana terjadi,” singkat Awaluddin. (Pewarta JN)

0Shares
Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News