HomeLintas BeritaTim TP PKK Kec. Cimenyan Lakukan Penilaian Dalam Rangka Monev 10 Program...

Tim TP PKK Kec. Cimenyan Lakukan Penilaian Dalam Rangka Monev 10 Program PKK di Kel. Cibeunying

JAYANTARANEWS.COM, Cimenyan

Tim evaluasi dan monitoring (Monev) 5 Lomba 10 Program Pemberdayaan dan Kesejahteraan (PKK) Tingkat Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat, melakukan penilaian Lomba Desa Model di Kelurahan Cibeunying.

Sebagaimana diketahui, Tim Penggerak PKK (TP PKK) adalah merupakan mitra kerja Pemerintah dan organisaai kemasyarakatan yang berfungsi sebagai fasilitator, pelaksanaan, perencanaan, pengendali serta penggerak pada masing-masing jenjang agar bisa terlaksananya program PKK.

Adapun anggota Tim Penggerak PKK merupakan warga masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan perorangan, bersifat sukarela, tidak mewakili organisasi, golongan, partai politik, lembaga atau instansi, serta aktif sebagai TP PKK.

Tim Penggerak PKK (TP PKK) berada di tingkat pusat sampai desa/kelurahan. Sementara, PKK itu sendiri dikelola serta digerakkan oleh Tim Penggerak PKK yang diketuai oleh istri pimpinan daerah (gubernur, bupati/wali kota, camat, kepala desa/lurah) secara fungsional. Dimana kunci berkembangnya program dan kegiatan PKK tersebut, justru adanya peran nyata yang diwujudkan oleh istri pimpinan daerah.

Penilaian dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Cimenyan Sri Hety P. Solihin, yang didampingi oleh Camat Cimenyan, Ketua Pembina TP PKK Kec. Cimenyan, Muspika Kec. Cimenyan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua TP PKK Kel. Cibeunying, pendamping desa/kelurahan, Kec. Cimenyan, Satlinmas, Kepala Kelurahan Cibeunying, serta jajaran lainnya, juga seluruh ibu-ibu kader PKK Kel. Cibeunying.

Ketua TP PKK Kec. Cimenyan Sri Hety P. Solihin mengatakan, bahwa pedoman dan jenis kegiatan pelaksanaan Monev tingkat kecamatan yang dilombakan, adalah; 5 lomba 10 Program PKK, Tertib Administrasi PKK (sekretaris), Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dengan Penuh Cinta dan Kasih Sayang dalam Keluarga (Pokja I), Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK (Pokja II), Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK (Pokja III), Pelaksanaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test (Pokja IV), Kesrak PKK Bangga Kencana Kesehatan, Kesrak PKK Bangga Kencana Kesehatan, Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Aspek-aspek yang dinilai dalam kegiatan ini adalah tertib administrasi, dukungan kebijakan operasional untuk kegiatan TP PKK berdasarkan hasil rapat kerja daerah (Rakerda), keputusan, surat edaran, kesepakatan dan sejenisnya.

“Kelengkapan Buku Wajib PKK dan untuk kelengkapan data kegiatan yang harus dipenuhi, yakni; data umum, data kegiatan Pokja, data keluarga, catatan data dan kegiatan warga, data ibu hamil, melahirkan, nifas, meninggal, kelahiran bayi, bayi meninggal dan kematian balita, kelembagaan, kelengkapan atribut, media informasi seperti, leaflet, poster, buku panduan kader dan grafik pencapaian program, pengelolaan surat dan arsip, inovasi, pendanaan,” kata Sri Hety P. Solihin dalam sambutannya di aula Kel. Cibeunying.

“Sebagai lembaga kemasyarakatan yang merupakan mitra pemerintah dan lembaga kemasyarakatan lainnya, hendaknya lebih meningkatkan pembinaan kepada kelompok masyarakat, mulai dari bawah, yaitu dusun/lingkungan, RW, RT sampai dengan kelompok dasawisma,” tambahnya.

Di sisi lain, Ketua TP PKK Cimenyan Sri Hety P. Solihin menilai; bahwa terkait keberadaan Pos Yandu yang bertempat di Bale RW 03 Cijotang, perlu segera ditambahkan adanya Pos Yandu Remaja. “Terutama kepada karang taruna yang ada di RW masing-masing lingkup kelurahan atau desa setempat,” bebernya.

Sebelumnya, dalam giat Monev tersebut, para tamu undangan dan Tim TP PKK Kec. Cimenyan disambut dengan lengser yang sekaligus dilakukan pengalungan bunga dari Ketua TP PKK Kel. Cibeunying kepada Ketua TP PKK Kec. Cimenyan, sembari disuguhi Tarian Rampak Kendang sebuah hasil karya dari para ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kel. Cibeunying.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kel. Cibeunying Imas Nurhayati menuturkan, melalui desa model pihaknya belajar bagaimana cara mengembangkan warga agar memiliki karya kreatif dan memiliki jiwa wirausaha. Selain itu, ia berharap, TP PKK kecamatan maupun desa/kelurahan, khusunya Kel. Cibeunying tetap semangat dalam menjalankan program yang telah direncanakan.

”Semoga TP PKK Kel. Cibeunying masuk nominasi juara pertama tingkat Kec. Cimenyan. Namun, jika belum mencapai hasil yang maksimal, mungkin keberuntungan belum berpihak, dan itu tidak akan menyurutkan semangat juang kami membawa TP PKK Kel. Cibeunying menjadi lebih baik,” tuturnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, bisa menambah rasa kebersamaan di antara semua rekan dan para kader PKK di wilayah masing-masing RW dari 27 RW yang ada di wilayah Kel. Cibeunying, Kec. Cimenyan, dalam upaya terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” pintanya.

Camat Cimenyan Solihin, S.Sos., berharap, TP PKK desa/kelurahan yang ada di Kec. Cimenyan bisa menjadi yang terbaik dan lanjut ke tahap berikutnya. “Saat ini yang menjadi tuntutan kita adalah adanya inovasi, atensi dan potensi, dalam bersama-sama menjalankan, mengikuti program-program Bupati Bandung dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarakat, yang Alhamdulillah, di Kel. Cibeunying ini sudah berjalan, yaitu “GERTAK”. Yang merupakan Gerakan Tanggap Kesehatan, dimana dalam hal ini bisa melayani pendampingan pasien sakit yang akan berobat ke rumah sakit. Nah, itu di antaranya untuk kita selalu menciptakan berbagai inovasi dalam melayani warga masyarakat,” pungkasnya. (Arin)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News