HomeLintas BeritaDinilai Kerap Salahgunakan Jabatan, Sutrisno DICOPOT Sebagai Dewas Pasar Jaya

Dinilai Kerap Salahgunakan Jabatan, Sutrisno DICOPOT Sebagai Dewas Pasar Jaya

       

JAYANTARANEWS.COM, Jakarta

Ketua Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Pasar Jaya, Suitrisno Muslimin, akhirnya dicopot oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Kamis (26/1/2023) sore. Dia diganti dengan Mayjen TNI (Purn) Suko Pranoto.

Plt Kepala BP BUMD Fitriani Rahadiani menegaskan,  penggantian Sutrisno Muslimin sebagai Ketua Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya merupakan upaya penyegaran dalam jajaran Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya, melalui siaran tertulis.

Ketua Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya, Mayjen TNI (Purn) Suko Pranoto

Ia menjelaskan, penggantian ini dilakukan sesuai prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan, dimana gubernur sebagai kepala daerah yang mewakili Pemerintah Daerah dalam kepemilikan kekayaan daerah yang dipisahkan (KPM) pada Perusahaan Umum Daerah Pasar Jaya mempunyai kewenangan dalam memutuskan pengangkatan dan pemberhentian Dewan Pengawas.

Ia berharap, sebagai Ketua Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya yang baru, Suko dapat berkontribusi positif untuk meningkatkan kinerja Perumda Pasar Jaya melalui peningkatan tata kelola perusahaan yang baik.

“Semoga saudara Suko Pranoto sebagai Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya yang baru, mampu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab,” imbuh Fitriani.

Seperti diketahui, Perumda Pasar Jaya merupakan BUMD yang seluruh modalnya dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta. BUMD ini bertugas melaksanakan pelayanan umum dalam bidang pengelolaan pasar (153 pasar), pembinaan pedagang pasar dan mengembangkan bisnis perkulakan dan retail. Data di media ini menunjukan, selama menjabat Dewas, Sutrisno kerap menjadi sorotan. Dia sering menyalahgunakan jabatannya sebagai legislatif mengintervensi direksi sebagai eksekutif untuk kepentingan pribadi. Disinyalir, Sutrisno bermain di berbagai proyek dan pengelolaan kegiatan operasional Perumda Pasar Jaya. Meski pernah bertubi-tubi diramaikan mas media, Sutrisno selalu berhasil berkelit.                                                                         

Sementara itu, data yang dihimpun TabloidSkandal.com  menyebutkan; Mayjen TNI (Purn) Suko Pranoto merupakan lulusan Akmil 1987 dari kecabangan Infanteri dengan jabatan terakhir sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD). Sebelumnya, dia menjabat sebagai Wakil Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat.

Berikut riwayat jabatan Suko selengkapnya:

– Dandim 0808/Blitar (2005—2007)
– Wakasintel Kostrad
– Asintel Kasdam Jaya
– Perwira Staf Ahli Bidang Manajemen dan Sishanneg Kasdam Jaya (2010—2012)
– Kabalak Pam Pusintelad (2012—2013)
– Sekretaris Pusintelad (2013—2015)
– Kabinda Kalimantan Selatan BIN (2015)
– Danpuspenerbad (2016)
– Pangdam XVI/Pattimura
– Irjenad (2018)
– Wairjenad (2020)
– Asintel Kasad (2021)
(Ahdiat/berbagai sumber)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News