HomeSeputar JatengJadi Ujung Tombak Bawaslu, Pengawas TPS Harus Jaga Integritas

Jadi Ujung Tombak Bawaslu, Pengawas TPS Harus Jaga Integritas

Jadi Ujung Tombak Bawaslu, Pengawas TPS Harus Jaga Integritas

IMG-20190326-WA0279

JayantaraNews.com, KENDAL

Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) merupakan ujung tombak dari pengawasan yang dilakukan oleh jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Karena puncak dari semua tahapan pengawasan yang telah dilalui ada di TPS.

“ Pengawas TPS itu mahkotanya Bawaslu. Ujung tombak dari semua kegiatan pengawasan Bawaslu ada pada bapak dan ibu semua. Karena anda-andalah yang diterjunkan langsung di lokasi TPS yang merupakan puncak dari semua tahapan pengawasan yang telah dilakukan jajaran Bawaslu,” kata Odilia Amy Wardayani, Ketua Bawaslu Kabupaten Kendal, Senin (25/3).

Pernyataan tersebut disampaikan Odilia saat menghadiri pelantikan pengawas TPS se-Kecamatan Kangkung yang digelar di RM H Ismun, Gemuh, kemarin (25/3) sore.

Dikatakannya, pelantikan pengawas TPS diadakan secara serentak. Di Kabupaten Kendal pengawas TPS yang dilantik sebanyak 3.445 personil.

IMG-20190326-WA0278

Mengingat peran strategis tersebut, lanjut Odilia, penting bagi Pengawas TPS untuk dibekali pengetahuan dan pemahaman tentang aturan. Menurutnya dasar dan alat kerja pengawas di semua tingkatan adalah aturan dan undang-undang. Pastikan semua proses di TPS mulai dari persiapan hingga pelaksanaannya dilakukan sesuai prosedur, tegas Odilia.

“ Selain memahahami aturan, yang lebih penting adalah integritas. Saya berpesan kepada semua pengawas TPS untuk jaga independensi. Jangan sekali-kali tergoda kiri-kanan anda, dasar kerja kita sebagai pengawas adalah aturan. Ketika kurang yakin, minta arahan ke jajaran di atasnya. Sekali lagi, jangan sekali-kali menggadaikan integritas,” pesannya.

Senada, Ketua Panwaslu Kecamatan Kangkung, Munhamir, SH, mengingatkan kepada semua Pengawas TPS yang baru saja dilantik untuk memegang teguh sumpah janji yang diucapkan. Dikatakannya, sumpah janji itu tidak hanya terikat pada lembaga Bawaslu tapi juga NKRI dan lebih-lebih juga harus dipertanggungjawabkan secara moral sesuai keyakinan dan kepercayaan masing-masing.

“ Pengawas TPS yang dilantik ini telah dipilih melalui mekanisme seleksi yang ketat berdasarkan aturan dan petunjuk dari Bawaslu RI. Screening administrasi, wawancara, tanggapan masyarakat, semua dilakukan. Mereka ini adalah SDM-SDM yang terbaik, dan kami akan terus mendampinginya untuk bisa bekerja secara maksimal,” tegas Muhamad Sulhanudin, Ketua Pokja Pembentukan Pengawas TPS Panwaslu Kecamatan Kangkung. (Sulhanudin)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News