HomeBandung RayaKades Sindang Pakuon Laksanakan Giat Jumsih Bersama Warga

Kades Sindang Pakuon Laksanakan Giat Jumsih Bersama Warga

Kades Sindang Pakuon Laksanakan Giat Jumsih Bersama Warga

IMG_20190405_215848

JayantaraNews.com, Sumedang

Dalam memelihara lingkungan agar kelihatan bersih, sehat, dan tidak kumuh, warga masyarakat harus memiliki rasa tanggung jawab bersama, dan gotong royong dalam memelihara lingkungan yang baik dan bersih serta sehat.

Seperti halnya yang dilaksanakan di lingkungan Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Kepala desa serta seluruh staf dan warga melakukan gotong-royong membersihkan sampah-sampah di lingkungannya pada Jum’at bersih (Jumsih), Jum’at, 5/4.

“ Menurut saya pribadi, tidak ada lagi kegiatan yang lebih mencerminkan konsep gotong royong ini dibandingkan kegiatan Jumsih atau Jumat Bersih yang kami laksanakan tadi pagi,” terang Yudi Hamdansyah. S.Pd Kepala Desa Sindangpakuon kepada media.

IMG-20190405-WA0370

Pada dasarnya, lanjut Yudi, Jumsih adalah kegiatan rutin kerja bakti di setiap hari Jum’at antara perangkat desa dengan  warga sekitar dalam bergotong royong untuk membersihkan sampah di lingkungan Desa Sindangpakuon, ungkapnya.

Kegiatan Jumsih ini dilaksanakan mulai tadi pagi dari pagi pukul 7.00 WIB bersama warga di masing-masing RW se-Desa Sindangpakuon, dengan harapan di lingkungan desa kami bersih dari sampah.

“ Semangat kami tidak terkalahkan oleh panasnya matahari, walaupun dengan berbekal alat seadanya seperti beberapa sapu, pengki, arit dan gerobak, tapi kami bergegas dan bisa membersihkan sepanjang jalan di lingkungan masing-masing,” imbuhnya.

Masih kata Yudi, selain di lingkungan masing-masing RW,   perangkat desa beserta warga didampingi Ketua RW 4 bergerak memebersihkan sampah ke sekitar Jalan Parakan Muncang yang banyak berdiri para PKL, bahkan kami sempat memberikan teguran kepada para PKL yang membuang sampah sembarangan, agar tidak membuang sampah dimana saja selain ke tempatnya, tegasnya.

Karena kalau para PKL dan warga lainnya membuang sampah sembarangan itu menjadi lingkungan yang kotor dan kumuh, padahal sudah disediakan TPS. Oleh karena itu, kami dengan perangkat desa akan segera memasang plang larangan buang sampah sembarangan di sekitar para PKL, tukasnya.

Menurutnya, merubah kebiasaan warga masyarakat membuang sampah sembarangan memang sangat melelahkan, sehingga sampah bertebaran di sepanjang jalan Desa Sindangpakuon. Memang ini cukup melelahkan, tetapi walaupun demikian, kami tetap semangat. ” Walaupun dengan mandi keringat, saya beserta jajaran perangkat desa dan warga terus untuk mengumpulkan sampah-sampah dan di buang ke tempat pembuangan sementara (TPS)”.

” Denga kegiatan gotong royong ini, setiap hari Jum’at (Jumsih), saya berharap dapat menjadi contoh kepada warga masyarakat, dan PKL untuk menjalin kebersamaan dalam memelihara lingkungan bersih dari sampahnya, agar kelihatan bersih, sehat, dan indah,” pungkas Yudi, Kades Sindang Pakuaon. (Red JN)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News