HomeBandung RayaDesa Sukamanah Paseh Gelar Gotong Royong Bersihkan Solokan

Desa Sukamanah Paseh Gelar Gotong Royong Bersihkan Solokan

Desa Sukamanah Paseh Gelar Gotong Royong Bersihkan Solokan

JayantaraNews.com, Kab Bandung

Dalam upaya mengurangi dampak banjir di musim penghujan dan pengendalian aliran air solokan, Pemdes Sukamanah bersama masyarakat mengadakan kegiatan bersih-bersih solokan di sepanjang Jalan Raya Sukamanah Cicalengka sepanjang 3 kilo meter.

Giat bersih-bersih yang sekarang sedang dilaksanakan oleh sekitar 100 warga setempat dengan cara gotong royong itu, adalah salah satu program dari dana desa (DD) untuk meningkatkan program padat karya.

” Kegiatan membersihkan solokan sepanjang 3 Km itu, diharapkan selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan. Dikeruk dan dibersihkannya sampah dari drainase ini, agar aliran air lancar tidak tersumbat lagi.” Demikian disampaikan Pjs Kades Sukamanah, Kecamatan Paseh Yana Herdiana.

” Karena sepanjang jalan ini sangat rawan banjir. Dengan demikian, setelah dikeruknya dan dibersihkan dari sampah, drainase solokan ini tidak lagi mengalami penyumbatan dan tidak ada lagi banjir,” jelas Yana Herdiana.

Menurutnya, pembersihan solokan di sepanjang jalan raya protokol Majalaya – Cicalengka, tepatnya di wilayah Desa Sukamanah, yang menjadi kendala adalah sulitnya pengerukan dan pembersihan, karena jembatan kecil tiap rumah-rumah warga terlalu panjang dan tidak adanya bak pengontrolan.

Terlihat dari para pekerja yang harus masuk ke dalam gorong-gorong yang dibuat warga. ” Mungkin inilah yang menjadi tahapan tersulit dalam pembersihan solokan ini, karena selain drainase kecil, juga banyaknya jembatan-jembatan rumah yang tidak memakai bak kontrol, karena langsung permanen. Sedangkan kalau dibongkar, biayanya lebih mahal, karena harus membangun kembali jembatan rumah itu, sambungnya.

” Di sisi lain, kita merasa kesulitan melakukan pengerukan solokan ini, tapi Alhamdulillah, kami paksakan dan banyak warga yang mau masuk ke dalam gorong-gorong itu,” ungkap PJs Kades Sukamanah Yana Herdiana. (Egi BP/Asep Setiawan)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News