HomeLintas BeritaPemda Lotim Lakukan Fit & Proper Test Direksi BUMD

Pemda Lotim Lakukan Fit & Proper Test Direksi BUMD

Pemda Lotim Lakukan Fit & Proper Test Direksi BUMD

JayantaraNews.com, Lombok Timur

Uji kepatutan dan kelayakan (Fit and Proper Test) untuk menjaring Direksi BUMD Lombok Timur yang saat ini masih dijabat pelaksana tugas (Plt), akan digelar dalam waktu dekat dan secara terbuka.

Hal tersebut mengemuka saat Wakil Bupati Lombok Timur H Rumaksi Sj menerima perwakilan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang menggelar unjuk rasa pada Rabu, (2/10).

Rumaksi memaparkan, bahwa kondisi BUMD yang ada di Lombok Timur saat ini, termasuk penyertaan modal yang diberikan pemerintah. Dijelaskannya, BUMD yang berstatus Perusahaan Daerah (PD) berorientasi pada bidang sosial, sementara yang berstatus Perseroan Terbatas (PT) lebih memiliki profit oriented. Namun secara spesifik disebutkan pula, posisi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur yang saat ini belum mampu melayani masyarakat Lombok Timur secara menyeluruh. Akan tetapi direncanakan adanya penambahan jaringan baru khusus wilayah selatan. Hal ini mengingat kesulitan warga di wilayah selatan untuk mengakses air bersih.

Kaitannya dengan itu, Pemda akan memberikan tambahan penyertaan modal sebesar Rp 4 miliar. Pemerintah juga melakukan pembebasan mata air di wilayah utara untuk menyokong kebutuhan air wilayah selatan, ucapnya.

Pemerintah daerah dalam hal tersebut, memiliki komitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karenanya, dia berharap agar BUMD yang ada, kendati belum dapat memberikan deviden, tidak menambah beban dengan mengalami kerugian, ujarnya.

Wakil bupati menyebut pula, bahwa Pemda tidak alergi terhadap kritik. Apa yang disampaikan para mahasiswa ini menjadi pengingat bagi pemerintah untuk tetap dalam koridor visi misi yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Lombok Timur M Azlan, SE menyampaikan rencana uji kepatutan dan kelayakan untuk Direksi BUMD sudah disusun draftnya dan akan dilaksanakan secara terbuka. Uji kepatutan dan kelayakan ini melibatkan tim independen dari berbagai unsur. Ia menargetkan bulan Oktober ini kegiatan tersebut dapat dijalankan.

Perwakilan mahasiswa yang diterima di ruang kerja wakil bupati ini, menyampaikan aspirasinya terkait belum definitifnya direksi di sejumlah BUMD. Menurut para mahasiswa ini, status tersebut berdampak pada lemahnya kinerja BUMD yang sedianya diharapkan menyokong pembangunan di daerah. Mereka juga menilai BUMD yang ada tidak mampu mendorong kinerja pemerintahan yang sudah berjalan satu tahun. (Zi JN)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News