HomeLintas BeritaDianggap Proyek Siluman! Pembangunan Irigasi Ragas Carenang Jadi Sorotan Publik

Dianggap Proyek Siluman! Pembangunan Irigasi Ragas Carenang Jadi Sorotan Publik

Dianggap Proyek Siluman! Pembangunan Irigasi Ragas Carenang Jadi Sorotan Publik

JayantaraNews.com, Serang

Soal proyek irigasi di Kampung Ragas Masigit, Desa Ragas, Kecamatan Carenang Serang Banten, sudah berjalan beberapa hari. Namun pelaksanaan proyek tersebut disinyalir tanpa adanya ‘papan informasi’, sehingga menjadi sorotan publik.

Mahmud, salah seorang warga yang juga kritis sebagai pemerhati pembangunan, menyoroti proyek yang dibangun pemerintah tersebut, dan dianggapnya sebagai proyek siluman.

Pasalnya, proyek irigasi yang terletak di Desa Ragas, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang Banten itu, tidak adanya papan informasi proyek dalam kegiatan pekerjaan tersebut.

“ Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama, diduga sebagai trik pembohongan, agar tidak termonitoring berapa besar anggaran dan sumber anggarannya,” jelas Mahmud, Kamis (3/10).

Ia mengatakan,” Semestinya pihak pemborong berkoordinasi, minimal pemerintahan setempat mengetahui kalau ada masyarakat yang bertanya ini proyek apa, setidaknya bisa mengklarifikasi,” ungkapnya.

Mahmud menyayangkan terhadap pengawas lapangan, yang layaknya memonitoring dan menegur rekanan agar memasang papan informasi proyek saat dimulai pekerjaan.

“ Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi asas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan, sesuai amanah Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, nama perusahaan pelaksana proyek dan nilai kontrak, serta jangka waktu atau lama pekerjaan,”  ucapnya.

Hingga berita ini diturunkan, awak media belum berhasil menemui pihak pelaksana guna konfirmasi lebih lanjut. (Ely Jaro/Tim)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News