HomeNewsPresiden RI: Butuh Kecepatan, Agar Bansos Segera Sampai Ke Masyarakat

Presiden RI: Butuh Kecepatan, Agar Bansos Segera Sampai Ke Masyarakat

Presiden RI: Butuh Kecepatan, Agar Bansos Segera Sampai Ke Masyarakat

Presiden RI, Ir H. Joko Widodo

JayantaraNews.com, Jakarta

Pada Selasa, tanggal 19 Mei 2020, telah dilakukan Rapat Terbatas melalui Video Conference mengenai Penyederhanaan Prosedur Bansos Tunai dan BLT Dana Desa, bertempat di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Presiden RI H. Joko Widodo menyampaikan, “Kecepatan yang kita inginkan agar Bansos itu segera sampai di masyarakat, ternyata memang di lapangan banyak kendala dan problemnya. Problemnya adalah masalah prosedur yang berbelit-belit, padahal situasinya adalah situasi yang tidak normal, yang bersifat extraordinary,” ucapnya.

Dikatakan Presiden, “Sekali lagi ini butuh kecepatan. Oleh sebab itu, saya minta aturan itu dibuat sesimpel mungkin, sesederhana mungkin, tanpa mengurangi akuntabilitas, sehingga pelaksanaan di lapangan bisa fleksibel,” tutur Presiden.

Yang paling penting, bagaimana mempermudah pelaksanaan itu di lapangan. Oleh sebab itu, keterbukaan itu sangat diperlukan sekali.

Dan untuk sistem pencegahan, minta saja didampingi dari KPK, dari BPKP, atau dari Kejaksaan. “Saya kira kita memiliki lembaga-lembaga untuk mengawasi, untuk mengontrol agar tidak terjadi korupsi di lapangan,” tandasnya.

Kemudian yang selanjutnya, memang ini ada data yang tidak sinkron. “Oleh sebab itu, saya minta ini juga segera diselesaikan agar masyarakat yang menunggu bantuan ini betul-betul bisa segera mendapatkan.”

“Libatkan, saya kira dilibatkan RT, RW, desa, dibuat mekanisme yang lebih terbuka, lebih transparan, sehingga semuanya bisa segera diselesaikan, baik itu yang namanya BLT Desa, yang namanya Bantuan Sosial Tunai/Bansos Tunai, saya kira ini ditunggu oleh masyarakat,” katanya.

“Saya rasa itu mungkin sebagai pengantar yang bisa saya sampaikan,” tutup Presiden RI, Ir H. Joko Widodo. (Zie)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News