HomeLintas BeritaNagari Kampung Pinang Lubuk Basung Gelar Musyawarah Nagari, Susun RKP Tahun 2023

Nagari Kampung Pinang Lubuk Basung Gelar Musyawarah Nagari, Susun RKP Tahun 2023

JAYANTARANEWS.COM, Agam Sumbar

Musyawarah Nagari Kampung Pinang, Lubuk Basung, Agam, Sumatera Barat, digelar dalam rangka pembahasan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) bidang fisik sarana dan prasarana tahun 2023, serta Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DURKP) bidang pemerintahan melalui APBD Kabupaten Agam tahun 2023, di aula Kantor Wali Nagari Kampung Pinang, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Kamis, (15/9/2022).

Wali Nagari Kampung Pinang, Roni, S.Ap., menyampaikan uraian kegiatan untuk tahun anggaran 2023, berikut dasar hukumnya, yaitu Permendagri No. 114 Tahun 2014, tentang pedoman pembangunan desa.

Perbub Agam No. 18 Tahun 2015, tentang petunjuk teknis penyusunan rencana kerja Pemerintahan Nagari, Perbub Agam No. 50 Tahun 2018, tentang Pengelolaan Keuangan Nagari, RpjmNag Kampung Pinang priode 2019-2025, dan prioritas sementara untuk penggunaan dana desa tahun 2023.

Musyawarah nagari yang merupakan agenda tahunan itu dipimpin langsung oleh Ketua BPRN, Ir. Z. Datuak Gampo Melayu, PRN dalam menentukan prioritas yang akan ditampung dalam RKP tahun 2023 dan usulan DURKP tahun 2024.

“Dalam kegiatan musyawarah nagari, nantinya akan dibentuk tim verifikasi untuk RKP tahun 2023, dilanjutkan dengan diskusi kelompok agar dapat berjalan lancar dan menentukan prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan,” katanya.

Wali Nagari Kampung Pinang mengatakan, musyawarah nagari ini untuk menentukan prioritas kegiatan tahun 2023 yang ditampung pada RKP. Sedangkan untuk usulan DU-RKP yang akan dibawa saat Musrenbang Kecamatan untuk memprioritaskan hasil diskusi ini, akan dianggarkan pada tahun 2024 nanti melalui APBD Kabupaten, kata wali nagari.

“Kami dari nagari sangat berharap sekali support dari masyarakat, supaya sinkronisasi antara pemerintahan nagari dan masyarakat menjadi satu usulan; mana yang menjadi prioritas utama dalam pembangunan di Nagari Kampung Pinang nantinya,” ucap Roni.

Nampak hadir pada saat itu; Camat yang diwakili, Bamus Nagari, Kerapatan Adat Nagari (KAN), Perencana Teknis, Tim Penyusun RKPNagari, Tim Verifikasi Dok Perencanaan, pengurus Lembaga Nagari, pengurus Pasar Balai Selasa, pengurus BUMN Kampung Pinang, pengurus Pokdarwis, KSB Nagari, KPM Nagari, penyuluh KB, Bidan Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat dan kelompok masyarakat.

Di akhir rapat diadakan diskusi dan tanya jawab bagi peserta yang hadir, berkaitan dengan usulan kegiatan untuk tahun 2022.

Wali nagari mengatakan, kita tetap perjuangkan kebutuhan nagari dan masyarakat kita. Karena itu, sebagai petugas pemerintahan nagari, baik melalui dana nagari/dana desa atau pusat, intinya bagaimana wilayah nagari kita tetap terbantu oleh pemeritah nagari atau kabupaten dan pusat, ujarnya. (Syafrianto)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News