HomeLintas BeritaSelain Raih Desa Juara Nasional Wakili Jabar, Cibiru Wetan Ditetapkan KPK RI...

Selain Raih Desa Juara Nasional Wakili Jabar, Cibiru Wetan Ditetapkan KPK RI Sebagai 10 Desa Percontohan Anti Korupsi

JAYANTARANEWS.COM, Kab. Bandung

Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, menjadi salah satu contoh Desa Juara di Jawa Barat.

Selain meraih Juara 1 dalam Lomba Desa dan Kelurahan di Jabar, Desa Cibiru Wetan juga menjadi salah satu dari 10 desa percontohan (nominasi) desa anti korupsi di Indonesia yang ditetapkan KPK RI.

Menurut Dudu (Kasi Kesra) Desa Cibiru Wetan, saat dimintai tanggapan oleh JayantaraNews.com, pada Senin (3/1/23) mengatakan; bahwa melalui kerja keras dari semua elemen di Desa Cibiru Wetan, hingga mendapatkan juara satu dan mewakili Jawa Barat.

“Itu benar-benar hasil jerih payah aparat desa dan semua unsur lembaga dan masyarakat;
BPD, LPM, PKK, Puskesos. Alhamdulillah, semua ikut mendukung dan menjalankan visi misi Kepala Desa Cibiru Wetan,” ucapnya.

“Dukungan dan bantuan pasti sudah jelas dari tingkat pemerintah kecamatan, Pemkab dan pemerintah provinsi, semua ikut mensupport,” tambahnya.

Menurut Dudu, bahwa sekarang Pemerintah Desa Cibiru Wetan telah ditetapkan menjadi juara satu lomba desa tingkat nasional mewakili Jabar, dan nominasi 10 besar sebagai desa anti korupsi. “Ini anugerah bagi kami. Dimana pemerintah desa dan lembaga juga masyarakat harus bisa menjaga dan mempertahankan kehormatan itu. Atau lebih jauhnya bisa memberikan semangat kepada desa-desa lain, khususnya di Kabupaten Bandung. Sedangkan untuk aspek anti korupsi di Desa Cibiru Wetan, selain ada penyuluhan kepada masyarakat terkait pelayanan yang bersih, kami juga memasang banner-banner sebagai pelaksanaan dari KIP. Selain itu, di desa juga ada aplikasi simple desa. Jadi pelayanan untuk surat-surat bisa dilaksakan secara online, atau mau datang ke desa pun boleh-boleh saja,” tuturnya.

Sampai saat ini, kata Dudu, sudah banyak ajuan dari desa dan lembaga yang mengirim surat pemberitahuan untuk berkunjung ke Desa Cibiru Wetan. “Tetapi kami belum bisa memastikannya, kami harus tetap bersinergi dengan semua lembaga di desa.” pungkasnya. (JO JN)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News