HomeLintas BeritaSosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Anggota MPR-DPR RI 'Hj. Endang Maria Astuti': Harus...

Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Anggota MPR-DPR RI ‘Hj. Endang Maria Astuti’: Harus Ditanamkan, Agar Masyarakat Mampu Berkontribusi Positif dalam Membangun Bangsa & Negara

JAYANTARANEWS.COM, Wonogiri

Hj. Endang Maria Astuti, S.Ag., SH., MH., anggota MPR – DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, belum lama ini melaksanakan sosialisasi Empat Pilar di aula Alami Sayang Dua, Jumat, 24 Maret 2023. Acara disambut baik oleh sekitar seratus orang peserta yang hadir, di antaranya; mahasiswa mahasiswi, dan organisasi masyarakat (Ormas).

Hj. Endang memaparkan, bahwa Empat Pilar Kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika itu, adalah satu kesatuan dalam  mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Sementara, penanaman nilai-nilai sejak dini di lingkungan keluarga dan masyarakat itu perlu diterapkan, agar tertanam rasa cinta tanah air.

“Empat Pilar harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan setiap masyarakat, agar mampu berkontribusi positif dalam membangun bangsa dan negara yang dilandasi rasa cinta tanah air,” ujar Hj. Endang, yang juga anggota di Komisi VIII DPR RI itu.

Pada kesempatan tersebut, salah satu peserta yang hadir pun mengeluhkan soal merosotnya moral generasi penerus yang menjadi tunas bangsa. “Seharusnya menjadi tauladan, namun kenapa di generasi sekarang masih ada saja tawuran antar pelajar. Apalagi ada juga yang menjadi anggota di salah satu komunitas geng motor. Ini yang menjadi tercorengnya moral generasi bangsa. Tentunya, kita sebagai orangtua harus memberikan edukasi di rumah dengan pemahaman Empat Pilar yang sangat menjaga pondasi bangsa,” ujarnya.

Menjelang bulan Ramadhan, kata dia, seyogyanya generasi penerus bangsa, dalam hal ini para pelajar, dapat menjaga dan menghormati dalam menjalankan ibadah bulan Ramadhan. “Jangan sampai tawuran yang tidak pantas dilakukan, namun sampai terjadi, bahkan sampai ada korban jiwa,” urainya.

Maka dari itu, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, mencarikan solusi agar di dalam kurikulum; apakah dimasukkan sisitem Pendidikan Moral Pancasila (PMP), agar menjadi generasi yang mempunyai pondasi kuat.

Tak ketinggalan, salah satu peserta dari perwakilan mahasiswa juga ikut andil mempertanyakan dengan kejadian di Papua oleh KKB dengan aparat keamanan. “Tentunya, dengan kejadian seperti ini, harusnya Pemerintah serius dalam mengambil sikap, agar kejadian serupa tidak terulang,” ungkapnya.

Di sisi lain, Hj. Endang Maria Astuti yag menampung semua aspirasi peserta yang hadir, berjanji akan meneruskan semua masukkan. “Akan kami sampaikan dalam rapat-rapat dengan Pemerintah,” ujar politisi dari Partai Golkar, yang menjabat sebagai anggota DPR RI dua periode itu. (BS)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News