HomeBandung RayaBPN Kab Bandung, Sosialisasikan PTSL Di Desa Talun Kec Ibun

BPN Kab Bandung, Sosialisasikan PTSL Di Desa Talun Kec Ibun

BPN Kab Bandung, Sosialisasikan PTSL Di Desa Talun Kec Ibun

IMG-20190117-WA0143

JayantaraNews.com, Kab Bandung

Dalam mempercepat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di wilayah Kecamatan Ibun, BPN yang diwakili oleh Didih, mengadakan sosialisasi tentang Program PTSL yang berada di Desa Talun, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung.

Sosialisasi yang dihadiri oleh Kapolsek Ibun IPTU Carsono beserta jajarannya, Ketua Apdesi Kecamatan Ibun, disambut antusias warga masyarakat Desa Talun, yang mengapresiasi, bahwa dengan keberadaan Program PTSL, disamping biaya murah untuk sertifikat, namun bermanfaat sekali bagi masyarakat.

Warga pun tidak merasa keberatan dengan pembiayaan yang telah ditetapkan. Hal ini seperti yang diucapkan salah seorang warga Desa Talun “Dani”. ” Sebenarnya saya tidak keberatan dengan adanya iuran yang melebihi dari SKB 3 Menteri, karena kalau pembuatan sertikat tanah ini atau PTSL ini tergolong murah, kalau secara hitung – hitungan, dengan biaya pembuatan langsung atau membuat kepada notaris, biayanya cukup besar. Jadi saya sangat bersyukur dengan adanya PTSL ini, dan dengan biaya cukup murah, namun bisa dapat sertifikat,” jelas Dani.

IMG-20190117-WA0142

Pihak BPN sendiri yang diwakili Didih mengatakan,” PTSL di Desa Talun Kecamatan Ibun, walaupun sekarang lagi dalam tahap sosialisasi, namun sebenarnya pemberkasannya sudah rampung, dan siap diadakan pengukuran. Maka untuk itu, masyarakat harus mempersiapkan diri untuk mengkondisikan batas tanahnya masing – masing, agar dalam pengukuran dapat tuntas sepenuhnya,” terangnya.

Selain itu, Kapolsek Ibun Carsono yang didampingi Ketua Apdesi Ibun Dedi Darsana mengatakan,” Saya berharap, dengan adanya Program PTSL ini dapat memberikan yang terbaik bagi warga setempat, apa lagi di Kecamatan Ibun ada 4 (empat) desa yang akan melaksanakan program ini, salah satunya ini Desa Talun yang paling cepat dan paling bagus dalam pengadministrasian”.

Maka dari itu, kata Kapolsek, mari kita sama – sama mendukung Program PTSL, agar segi ekonomi masyarakat Ibun dapat berkembang, dan juga dalam pengadministrasian dapat tertata rapi,” ujar Kapolsek.

Disisi lain, Kades Talun Euis Tuti mengatakan,” Warga bersama pemerintah desa turut mengawasi dan mengawal PTSL di Desa Talun. Maka dari itu, antusias warga sangat bagus, dan sekarang ini sudah ada seribu lebih yang mendaftarkan tanahnya melalui PTSL. Adapun, hal – hal biaya, warga sudah sepakat dan sudah melalui proses musyawarah dan persetujuan dari warga,” ungkap Kades. (Asep Setiawan)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News