HomeSeputar JatengBangga Mbangun Desa, Kades Bulupayung: Prioritaskan Infrastruktur & Hak Petani

Bangga Mbangun Desa, Kades Bulupayung: Prioritaskan Infrastruktur & Hak Petani

Bangga Mbangun Desa, Kades Bulupayung: Prioritaskan Infrastruktur & Hak Petani

IMG_20190120_220226

JayantaraNews.com, Patimuan

Dilihat dari kaca mata umum, mempunyai kedudukan sebagai kepala desa memang terlihat menyenangkan. Betapa tidak?, Ada gaji, inventaris kendaraan, tanah bengkok, dan fasilitas lainnya. Makanya tidak heran, jika banyak orang yang berambisi, bahkan ada saja yang nekad menghalalkan segala cara, demi untuk mendapatkan kedudukan sebagai orang nomor satu di desanya. Padahal, tidak banyak orang tahu, tugas sebenarnya yang diemban seorang kades ternyata sungguh berat, banyak resiko dan penuh dengan tantangan. ” Orang Jawa bilang, itu semua kan Sawang Sinawang Mas,” ujar Kades yang satu ini.

Adalah Sudir, Kepala Desa Bulu Payung, Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap ini, ketika ditemui Tim JayantaraNews.com di rumahnya mengawali ceritanya.

Pria kelahiran 54 tahun yang lalu ini, memang tidak seperti kades – kades yang lain pada umumnya, ia terlihat pendiam dan sangat sederhana, meskipun tidak mengurangi kewibawaannya sebagai sosok kades.

Selama menjabat sebagai kades, banyak prestasi dan kegiatan yang sudah ia lakukan, dari mulai pembangunan infrastruktur jalan sampai dengan kegiatan sosial lainnya. Ia juga sangat peduli dengan dunia pendidikan. Terbukti, selama masa pemerintahannya, sudah tujuh PAUD yang ia bangun, dan bukan itu saja, selain prioritas untuk infrastruktur jalan, ia juga sering melakukan kegiatan bakti sosial bekerjasama dengan Bank BTPN setempat untuk sembako bersubsudi, selain memakai anggaran dari dana desa untuk program pemberdayaan. Namun tidak sedikit, ia juga mengeluarkan dana pribadi demi kesejahteraan warganya.

Sudir patut dicontoh. Pria yang beristerikan Rati, dan sudah dikaruniai 3 (tiga) orang anak ini, memang sangat dekat dengan masyarakat, apa lagi petani. Karena itu, ia membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) yang anggotanya sudah lumayan banyak.
” Saya senang sekali bisa berbaur dan diterima di masyarakat Mas,” ujar Sudir, di tengah perbincangannya.

Bakti sosial dan pengajian rutin yang ia lakukan hanya semata – mata ingin berbaur dan tetap menjaga silaturahim dengan masyarakat. Kades yang selalu patuh pada motto “Bangga Mbangun Desa” ini memang mudah bergaul walau sedikit pendiam, hehe..

Ketika ditanya soal pencalonan dirinya di Pilkades bulan Februari mendatang, sudir malah tertawa,,
” Itu kan keinginan warga Mas,, warga yang mendorong dan menginginkan saya maju lagi menjadi Kepala Desa Bulu Payung, kalau saya sih siap – siap saja”.

IMG-20190120-WA0199

” Dalam kesempatan ini, saya juga bersyukur dan mengucapkan banyak terimakasih kepada warga masyarakat Bulu Payung yang masih dan tetap memberikan kepercayaan pada saya. Kalau terpilih lagi, semoga saja kedepannya saya bisa lebih disiplin, amanah, dan lebih tanggung jawab,” katanya diakhir perbincangan.
Semoga,…!

(Herru Oct JN)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News