HomeLintas BeritaTerkait Persoalan Karyawan, PT AMNT: Prioritaskan Putra Daerah

Terkait Persoalan Karyawan, PT AMNT: Prioritaskan Putra Daerah

Terkait Persoalan Karyawan, PT AMNT: Prioritaskan Putra Daerah

Ket foto: Pertemuan para pemangku kepentingan saat pembahasan isu tenaga kerja di kantor dinas tenaga kerja sosial dan transmigrasi (Disnakertrans) KSB, di Taliwang, (21/10)

JayantaraNews.com, Mataram 

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Hal itu merupakan harta pusaka tersebar di seluruh pelosok daerah yang ada di Indonesia.

Kekayaan yang paling menjanjikan untuk dikelola dari seluruh kekayaan alam yang tersedia, adalah yang berasal dari dalam bumi. Pertambangan Indonesia memberikan nilai jual produk yang begitu bernilai dengan sokongan banyak tenaga kerja dan sektor pendukung.

Perusahan tambang terbesar yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) yakni PT MaC Mahon yang berada di perusahaan Tambang Batu Hijau memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan daerah. Dimana perusahaan tersebut secara continue memberikan yang terbaik dalam pembangunan daerah kedepannya, dan mendorong terciptanya lapangan kerja secara luas kepada masyarakat.

Salah satunya perusahaan tambang PT MacMahon Indonesia yang merupakan perusahaan di kawasan tambang Project Batu Hijau.

Industri pertambangan Indonesia telah banyak memberikan pendapatan daerah dan negara. Hampir setiap tataran di kehidupan bangsa ini dipengaruhi sektor pertambangan dan industri turunannya, tidak sedikit daerah yang perekonomiannya tumbuh dan ditunjang sektor pertambangan. Salah satunya di Provinsi NTB yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat, misalnya yang merupakan penyumbang pendapatan daerah untuk kemajuan daerah tersebut, ujar Senior Manager Social Responsibility AMNT, Syarafuddin Jarot, saat dikonfirmasi JayantaraNews.com, Rabu (23/10).

Ia menjelaskan, bahwa perusahaan pertambangan Indonesia selalu mengedepankan kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat, dan terkait pengakhiran kontrak karyawan Macmahon tersebut, proses perpanjangan dan pengakhiran  kontrak kerja di PT Macmahon Indonesia dilakukan melalui sosialisasi ke perwakilan LSK Bipartite.

Untuk diketahui, dari sekitar 600 orang yang akan berakhir kontrak kerjanya Oktober ini, yang tidak diperpanjang 56 karyawan dengan alasan kinerja dan perilaku. Dan ada 37 orang dengan alasan rekam medis, proses evaluasi karyawan terkait hal ini masih terus berlangsung, ungkapnya.

Bahkan saat ini, PT Macmahon Indonesia akan melanjutkan hubungan kerja sekitar 500-an karyawan dan menjadikan karyawan permanen. Selama proses di atas berlangsung, operasional PT AMNT dan PT Macmahon Indonesia terus berjalan lancar, jelas Syarafuddin.

Oleh karena itu, komposisi karyawan Macmahon saat ini, yang berasal dari KSB 58% (1192 karyawan), NTB 18% ( 367 karyawan) dan Non NTB 24% (503 karyawan). Sebagian besar tenaga kerja yang bekerja di PT Macmahon adalah Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), pungkasnya. (Zi JN)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News