HomeSeputar JabarDiskominfo Kota Depok Ajak Wartawan PWOIN Bermitra Dengan Pemerintah

Diskominfo Kota Depok Ajak Wartawan PWOIN Bermitra Dengan Pemerintah

Diskominfo Kota Depok Ajak  Wartawan PWOIN Bermitra Dengan Pemerintah

JayantaraNews.com, Depok

Usai dilaksanakannya pengukuhan, Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN) Kota Depok, pada Minggu 5 Januari 2020 mengadakan audiensi dengan Dinas Kominfo Kota Depok.

Acara audiensi PWOIN Kota Depok diterima langsung oleh Kepala Diskominfo Kota Depok Sidik Mulyono, didampingi Kabid Oding dan Agus Supriyanto (Apray) dan dihadiri oleh jajaran kepengurusan PWOIN Kota Depok, di ruang kerjanya Gedung Baleka II lantai 7, Jumat (24/1/2020).

Dalam audiensi tersebut, Sidik Mulyono Kepala Diskominfo Kota Depok menyampaikan apresiasi atas perkumpulan wartawan online yang telah terbentuk dan dilakukan pengukuhan sekaligus pelantikan jajarannya.

Sidik berharap, PWOIN Kota Depok dapat menjalin kemitraan yang baik dan komprehensif yang berimbang dalam menyajikan informasi untuk dibaca publik pada medianya masing-masing.

” Di kota Depok banyak wartawan, tetapi wadah organisasinya juga perlu ada, sehingga kami Diskominfo Depok akan memudahkan, mengakomodir mana wartawan yang terkoordinir oleh organisasi wartawan dan mana yang free lance terang Kadiskominfo Depok.

Sidik yang sering berinteraksi dengan para awak media menjelaskan, sesuai arahan Dewan Pers, bahwa wartawan diaanjurkan untuk memiliki UKW upaya meningkatkan standar atau kualitas individu wartawan. ” Saya sudah melihat konten para wartawan yang up date menulis pada medianya, minimal ada 3 berita hasil liputan,” ujar dia.

Dilanjutkan Oding Kabid Kominfo yang didampingi Apray juga menyampaikan, bahwa wartawan dianjurkan bergabung pada media yang memiliki badan hukum serta terdaftar perusahaan medianya, urainya.

Sebab, bicara online sudah pasti akan terkoneksi dengan Aleksa yang menjumlah jumlah followersnya. Sehingga follower itu dapat dijadikan income perusahan media dan wartawan.

Oding juga sampaikan, Diskominfo Depok akan menyediakan anggaran pembinaan wartawan untuk ikut UKW, meski anggaran yang diusulkan namun tercoret, tetapi kami usahakan anggaran tersebut di ABT, imbuhnya.

Benny Gerungan, selaku Ketua PWOIN Kota Depok juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Diskominfo Depok atas terselenggaranya kegiatan pelantikan dan diskusi wawasan kebangsaan PWOIN Depok.

lanjut Benny, mengenai program PWOIN Kota Depok akan bersinergi dengan Diskominfo, katanya.

” Mengenai UKW, kita sudah siapkan konsep untuk meningkatkan standarisasi wartawan, yaitu kami akan mengadakan try out dahulu sebelum dilakukan UKW.”

Dalam sambutan Benny Ketua PWOIN, bahwa UKW tersebut tentu ada kategorinya, seperti UKW untuk Pemula, Madya dan Utama.

Selain itu, PWOIN juga sebelumnya akan memberikan pembekalan, pelatihan terkait 5W+1H serta cara karakter tulisan, liputan, investigasi dan wawancara.

PWOIN Depok juga akan menyusun rencana program jangka menengah-panjang (RPJMP), tentu harus menyiapkan SDM-SDM yang mempuni, terutama wawasan kebangsaan, karena PWOIN sebagai wadah wartawan Indonesia.

Usai pembahasan audiensi PWOIN Kota Depok dengan Diskominfo Kota Depok sekaligus menyerahkan cindera mata (Piagam Penghargaan Smart City), yang artinya, masyarakat Kota Depok sudah pada cerdas-cerdas sesuai fungsi Pers, yakni mencerdaskan bangsa, tutupnya. (Yuni)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News