Proyek JLSS Cilacap Didemo Warga, BPI KPNPA RI: Jika Dugaannya Benar, Kita Kawal Hingga Kementerian PUPR

JayantaraNews.com, Cilacap

Baca juga: Proyek JLS Cilacap Diduga Dikerjakan Asal2an, BPI KPNPA RI: Pemprov Harus Turun Tangan! – https://www.jayantaranews.com/2020/02/50861/

Pada hari ini, Rabu (19/2), telah berlangsung aksi demo, yang menyampaikan pendapat di muka umum terkait polemik pengerjaan proyek Jalan Lintas Selatan Selatan (JLSS) rute Desa Cisumur, Kecamatan Gandrungmangu sampai Bantarsari, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, dengan panjang jalan kurang lebih 6 Km.

Aksi yang melibatkan sekitar 50 orang tersebut, dipimpin langsung oleh Haji Nurdawam selaku Korlap dari Desa Gandrungmanis, Kecamatan Gandrungmangu, dan dikawal oleh puluhan personel dari Polsek Gandrungmangu, Polsek Bantarsari, Koramil 10 Gandrungmangu, dan Sat Pol PP Kecamatan Gandrungmangu.

Adapun, tuntutan warga pendemo kali ini meminta, diantaranya;

– Satker dari PUPR Bina Marga serta konsultan harus tegas di lapangan dalam menjalankan tugasnya,
– Kejaksaan (TP4D) harus turun ke lokasi proyek, guna memantau (monitoring) terhadap jalannya pekerjaan,
– AMDAL proyek tolong diterapkan sesuai aturan kontrak,
– Spek material yang masuk diduga kurang memenuhi standar legalitas para supplier pengadaan tanah dan batu. Tolong dicek keabsahannya, selain IUP, hasil lab dan dokumen lainnya.

Alih-alih, aksi demo tersebut sontak saja mendapat sorotan dari BPI KPNPA RI Kabupaten Cilacap yang merupakan lembaga peneliti independen dan selalu bergandengan dengan lembaga anti rasuah KPK tersebut.

Ditemui di lokasi demo, Bang Buyung sapaan akrab Mulyadi Tanjung selaku Kabid Investigasi BPI KPNPA RI Cilacap mewakili Dadang Darmawan (Dadang Bule) selaku Ketua BPI KPNPA RI Cilacap mengatakan. ” Apabila yang disampaikan dalam orasi demo tersebut terbukti dugaannya, dan sesuai dengan hasil penelitian BPI KPNPA RI, maka kami akan kawal sampai ke Kementerian PUPR,” tandasnya.

Menurutnya, BPI KPNPA RI
mengapresiasi aksi tersebut. ” Kami apresiasi, karena nasyarakat sudah mulai kritis. Sementara, kontrol pengawasan yang paling baik adalah dari masyarakat. Hal ini sebagaimana pernah diucapkan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu,” ungkap Buyung.

Pantauan JayantaraNews.com, aksi demo berjalan dengan damai, aman dan tertib, dan bubar kembali ke rumah masing-masing. (Tim)

0Shares