HomeLintas BeritaPuskesmas Rawat Inap Ketapang Lamsel Lakukan Antisipasi Persiapan Penanggulangan Covid-19

Puskesmas Rawat Inap Ketapang Lamsel Lakukan Antisipasi Persiapan Penanggulangan Covid-19

Puskesmas Rawat Inap Ketapang Lamsel Lakukan Antisipasi Persiapan Penanggulangan Covid-19

JayantaraNews.com, Lampung Selatan

Puskesmas Rawat Inap Ketapang Lampung Selatan melakukan langkah antisipasi dan persiapan penanggulangan Covid-19, Senin,30 Maret 2020.

Persiapan yang dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang kian merebak tersebut, diantaranya dengan menyiapkan tenda di depan Puskesmas.

Kepala UPT Puskesmas Rawat Inap Ketapang (Samsul Rizal) saat dikonfirmasi awak media mengatakan,” kita sudah siapkan petugas yang berpakaian lengkap yang memang sudah disiagakan di depan Puskesmas tersebut,” katanya.

Ditambahkan Samsul,” guna antisipasi kontak langsung dengan pasien yang akan memeriksakan diri ke Puskesmas, maka dipisahkan dan diterima di tenda luar,” imbuhnya.

” Puskesmas juga melakukan pemisahan antara pasien yang terkena gejala batuk, pilek, demam, dengan pasien yang memang gejalanya berbeda dengan pasien yang disebutkan tadi. Untuk antisipasi penularan Covid-19 atau Corona,” ujarnya.

Samsul Rizal selaku Kepala UPT Puskesmas Rawat Inap Ketapang juga menjelaskan kepada awak media,” bahwa di Puskesmas Rawat Inap Ketapang ini, dari mulai ditetapkannya wilayah kita untuk tanggap Covid-19, sejauh ini yang kita lakukan dalam pemeriksaan belum ada yang positif. Akan tetapi untuk ODP (Orang Dalam Pengawasan) di kita memang ada. Akan tetapi itu sudah kita imbau untuk karantina mandiri. Artinya, tidak boleh keluar dari rumah selama 14 hari kedepan. Pengawasan tersebut dilakukan oleh Tim Satgas kita yang ada di masing-masing desa, untuk memantau ODP tersebut dan untuk perkembangan selanjutnya,” ungkap Samsul.

Kita beserta instansi terkait, terutama desa yang memang sudah kita bentuk strukturnya untuk melaporkan setiap perkembangan melalui Call Centre kita, dan juga harus memantau setiap ada kedatangan tamu dari luar daerah, apalagi datangnya dari tempat yang dikatakan zona tersebut. Kita imbau untuk segera melaporkan kepada kepala desanya masing-masing, kerena setiap kepala desa adalah Ketua Tim Satgas desa tanggap Covid-19,” tutup Samsul Rizal. (Jupri)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News