HomeLintas BeritaCamat Sikur Menilai, Sekdes Sikur Barat Tak Paham Regulasi

Camat Sikur Menilai, Sekdes Sikur Barat Tak Paham Regulasi

Camat Sikur Menilai, Sekdes Sikur Barat Tak Paham Regulasi

JayantaraNews.com, Lombok Barat

Menyangkut ketidakpastian data yang ada di Desa Sikur Barat, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, menjadi pertimbangan yang tidak bisa disampaikan oleh Sekdes Sikur Barat ‘Safrodi’, sehingga permintaan yang diajukan oleh wartawan saat mengkonfirmasi terkait data, harus melalui izin Camat dan Kapolsek setempat.

“Kalau terkait data Rencana Anggaran Biaya (RAB) regulasinya harus melalui izin pihak Kecamatan dan Kapolsek,” kata Sekdes Safrodi saat ditemui di Kantor Desa Sikur Barat, Minggu (16/01).

Jika sudah melalui itu semua, kata Safrodi, baru bisa pihak desa memberikan keterangan pasti terkait data yang diminta tersebut. Sebab dengan sudah melaksanakan izin itu, ia bisa lebih leluasa menyampaikan segala informasi yang ada di desa, tepisnya.

Secara terpisah, Camat Sikur ‘Lalu Putradi’ saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya menyampaikan, bahwa mengenai regulasi tentang keharusan Camat untuk dikonfirmasi jika pihak wartawan meminta data RAB, ternyata itu tidak dibenarkan. “Kok masalah data RAB diarahkan ke Camat, ngawur itu Sekdesnya,” ujar camat.

Dikatakan Lalu Putradi, Camat itu tugasnya mengawasi pelaksanaan penganggaran yang ada di desa, sehingga dalam pelaksanaan anggaran pembangunan yang menggunakan Dana Desa harus jelas RAB nya. 

“Jika tidak ada RAB, maka masyarakat tidak bisa mengetahui berapa anggaran Dana Desa yang digunakan dalam pelaksanaan pembangunan,” ujar Lalu Putra

Mengenai RAB itu, kata dia, Desa Sikur sampai sekarang belum bisa memberikan gambaran RAB nya. Sehingga pihak kecamatan sangat mengatensi dan meminta pihak pendamping desa untuk memastikan kebenaran, bahwa ada tidaknya RAB itu, karena ini sudah menjadi masalah.

“Sebelum-sebelumnya saya sudah memberikan arahan kepada semua desa, begitu juga dengan Desa Sikur Barat, untuk berhati-hati menggunakan Dana Desa agar tidak terjadi hal seperti ini,” tutupnya. (Tim)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News