HomeLintas BeritaSoal Polemik Tempat Ibadah, Wali Kota Depok: Izin Pendirian Sudah Diberikan, Kenapa...

Soal Polemik Tempat Ibadah, Wali Kota Depok: Izin Pendirian Sudah Diberikan, Kenapa Intoleransi Diusik Lagi?

JAYANTARANEWS.COM, Depok

Soal polemik tempat ibadah atau kapel di sebuah ruko, Jalan Bukit Cinere Raya, RT/RW 12/03 Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, membuat Wali Kota Depok Mohammad Idris merasa terusik.

Pasalnya, informasi yang simpang siur itu terkesan dipolitisasi, Kota Depok yang kembali diungkit sebagai kota intoleran. “Kedamaian dan kenyamanan yang sudah ada janganlah diusik-usik dengan karena satu kasus dikatakan intoleran. Asal tahu saja, saya juga sudah menandatangani izin pendirian gereja, bahkan saya masuk untuk meresmikannya,” kata Idris, Selasa (19/9/2023).

Mohammad Idris, sebagai Wali Kota Depok sudah memberikan izin kepada 8 Gereja Katolik dan 161 Gereja Protestan se-Kota Depok, dan yang terbanyak di Pancoran Mas, ungkapnya. 

“Kami enggak pernah mengusik-usik perizinan, karena itu sudah berdiri dari dulu. Silahkan dihitung ada berapa gereja di sana. Lalu di sana juga ada tempat pembinaan pastur, diusik enggak sama wali kota? diusik enggak sama pemerintah kota? lalu cuma gara-gara satu kasus dibilang intoleran?” herannya.

“Melihat Depok jangan hanya dari satu yang negatifnya saja, melainkan harus dilihat dari banyak hal yang positif. Nilai positifnya adalah FKUB belajar, Kementerian Agama belajar, kami juga belajar dari kasus ini. Bahwa keagamaan adalah ranah dan urusan absolute, ranah kementerian,” tandasnya.

Idris berharap, semua pihak memahami kewenangannya dan tupoksinya. “Apa fungsi pemerintah daerah, apa fungsi Kementerian Agama sebagai wakil atau kantor yang ada di daerah, harus tahu fungsinya. Jika itu berjalan, maka dapat kolaborasi menangani masalah ini,” sebutnya. 

Begitu juga, kata dia, dengan fungsi FKUB. Pasalnya, Idris menilai FKUB merupakan rujukan pemerintah pusat, dimana pemerintah daerah menjalankan arahan dari pusat, bahkan sudah ada menganggarkan untuk operasionalnya. (Tim)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News